CARA MEMBUAT TERASI SENDIRI

Membuat Terasi Sendiri
Bagi anda yang ingin membuat terasi sendiri, disini saya akan membantu anda bagaimana cara membuatnya dengan cara yang cukup sederhana.
Bahan :
- Udang 500 gram (biasanya yang dipakai udang rebon / kecil)
- Garam 100 gram
- Pewarna merah secukupnya
nb : komposisi antara udang dan garam dapat anda sesuaikan sendiri

Cara membuat :
1. Biarkan udang dalam keadaan utuh dari kepala, kulit dan ekornya, lalu cuci hingga bersih, sisihkan.
2. Campur udang dan garam, lalu blender atau tumbuk hingga lembut, angkat.
3. bila anda ingin terasi lebih menarik. Tambahkan pewarna (merah) secukupnya, aduk rata.
4. Tuang adonan udang dalam kain tipis (serbet bersih), lalu peras dan keluarkan airnya.
5. Cetak adonan udang dengan bentuk sesuai selera, lalu jemur dibawah sinar matahari hingga kering. (Jika ingin cepat kering, adonan terasi bisa langsung dipanggang dalam oven dan hasilnya lebih enak dan matang).
6. Terasi siap dikemas dan dipasarkan.
(Sumber : Lezat Edisi 79 Tahun IV, 25 April – 8 Mei 2007/Dv/Idh)
Ditulis dalam Olahan Ikan
MEMBUAT KERUPUK UDANG
Kerupuk memang bagian yang tidak dapat dilepaskan dari tradisi masyarakat Indonesia. Dan hampir setiap orang menyukai kerupuk, selain rasanya yang enak harganya juga relatif terjangkau. Secara umum kerupuk adalah bahan kering yang berupa lempengan tipis yang terbuat dari bahan baku seperti ikan, kulit dan dapat juga berasal dariudang.
Akan tetapi saat ini begitu banyak kerupuk yang menggunakan bahan-bahan pangawet yang tidak diizinkan atau membahayakan konsumen, seperti penggunaan boraks. Padahal untuk pembuatan semua jenis kerupuk sama sekali tidak memerlukan bahan pengawet dalam pembuatannya.
Alat Pembuat Kerupuk Udang
Untuk membuat adonan kerupuk udang tidaklah terlalu sulit dan alat-alat yang dibutuhkan juga tidak terlalu rumit. Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah udang sebagai bahan utama dan bahan-bahan tambahannya seperti tepung tapioka, tepung terigu, bawang putih garam dan juga bleng (sejenis garam yang berfungsi sebagai media pengawet tetapi lebih aman dibandingkan dengan boraks).
Alat-alat yang dibutuhkan untuk pembuatan dalam jumlah kecil tidak terlalu banyak dan dapat menggunakan alat dapur sederhana seperti baskom, tampah, cobek dan juga loyang. Semua alat tersebut dapat kita beli di pasar atau toko terdekat. Sedangkan untuk produksi dalam skala besar biasa menggunakan alat penghancurudang/ikan, alat pelembut bahan-bahan, pencetak, alat pengukus ukuran besar, mesin pemotong dan juga oven.
Bila anda ingin mencoba membuat kerupuk udang, langkah-langkah sederhananya adalah sebagai berikut :
Bahan
1. Udang segar sebanyak 3/4 kg.
2. Garam
3. Tepung Tapioka
4. Telur Ayam
5. Bawang Putih
6. Bawang Merah
7. Bawang Daun
8. Ketumbar
Alat
1. Panci
2. Pisau
3. Pengaduk
4. Kompor
5. Nampan atau Wadah Pengering
Cara Membuat Kerupuk Udang :
1. Udang/Daging Ikan Ditumbuk Halus, Tambahkan Bumbu, Garam, Gula Dan Air Secukupnya.
2. Tambahkan Tepung Tapoka Dan Telur, Diaduk Rata Dan Adonan Padat/Kompak.
3. Adonan Dibentuk Bulat Dan Panjang Seperti Lontong
4. Lontong Adonan Dikukus Sekitar 2 Jam
5. Setelah Cukup Matang, Diangkat Dan Dibiarkan Dingin
6. Lontongan Diiris Tipis-tipis
7. Irisan Dijemur Selama 2-3 Hari Sampai Kering
8. Kerupuk Ikan Siap Digoreng.
TIPS MENINGKATKAN NILAI TAMBAH KERUPUK
Untuk memberi nilai tambah, kerupuk udang tidak hanya di jual dalam keadaan setengah pakai saja, tetapi juga dalam keadaan siap makan atau sudah digoreng. Karena bila di jual dalam keadaan matang dirasa bisa jauh lebih menguntungkan.Tetapi yang harus diperhatikan bila menjual kerupuk udang dalam keadaan siap makan adalah penggunaan minyak goreng yang dipakai, karena bila minyak goreng telah digunakan lebih dari tiga kali justru akan memberi kerupuk udang yang dihasilkan mudah cepat tengik. Hal ini dikarenakan minyak goreng yang dipakai sudah rusak, sehingga pengulangan penggunaan minyak goreng sebaiknya dibatasi.
Selain itu dalam hal kemasan, untuk meningkatkan nilai jual sebaiknya dibuatkan kemasan yang unik dan transparant. Pilih gambar dan warna yang pas serta design yang mampu mengundang selera konsumen untuk membelinya
RAJUNGAN DAN KEPITING SAMA GAK SIH ?
Pada awalnya saya hanya tahu bahwa yang biasa kita makan itu adalah kepiting dan kata rajungan masih asing di telinga saya. hal itupun sama saja di saat saya ke tempat pelelangan ikan bahwa dari para penjual sendiri sering salah kaprah mengenai kepiting atau rajungan. saat kuliah akhirnya saya mengetahui perbadaan tersebut.

Ternyata memang ada perbedaan yang menyebabkan keduanya diberi nama beda. Secara fisik memang hampir sama, tapi rajungan nampaknya punya capit yang lebih panjang.

Bila kepiting hidup di perairan payau, seperti di hutan bakau atau di pematang tambak, rajungan hidup di dalam laut. Rajungan memang tergolong hewan yang bermukim di dasar laut, tapi malam hari suka naik ke permukaan untuk cari makan. Makanya rajungan disebut juga “swimming crab” alias kepiting yang bisa berenang.

Dari segi kesehatan, keunggulan rajungan adalah kandungan proteinnya cukup tinggi, sementara kandungan lemak dan kolesterolnya rendah. Proteinnya sekitar 16-17gr per 100gr daging rajungan itu. Jadi cukup besar untuk menjadi sumber protein yang sangat potensial.

Bagi konsumen yang membatasi makanan berlemak dan kolesterol tinggi, rajungan adalah sahabat baik Anda. Menikmati hidangan laut ini tidak akan menyebabkan Anda terkena penyakit jantung atau tekanan darah tinggi.

Kandungan lemak dan kolesterol di dalam rajungan sangat rendah. Ini kabar baik, karena lemak jenuh dan kolesterol dapat memperbesar resiko terkena penyakit kardiovaskular, seperti jantung koroner dan darah tinggi.
inilah gambar rajungan


dan inilah kepiting…




terlihat BEDANYA kahn…………

TIPS MENDAPATKAN IKAN SEGAR

Saat ini cukup sulit untuk mendapatkan ikan yang memiliki mutu yang masih baik. apalagi di daerah perkotaan yang cenderung jauh dari pesisir pantai tentu kualitas ikan yang dibawa ke sana akan cenderung menurun. hal ini tentu saja akan berakibat kurang baik bagi para konsumen yang akan membeli ikan dan tentu saja ingin mendapatkan kualitas ikan yang masih segar.
penjual ikan di pasar cenderung akan mengatakan kualitas ikan mereka baik (baik ikan air tawar ataupun air laut). hal ini tentu akan sangat merugikan bagi para pembeli yang kurang mengetahui apakah ikan tersebut masih segar atau tidak. dalam hal ini saya akan memberikan beberapa tips bagaimana cara untuk mendapatkan ikan yang masih memilki kualitas yang baik sehingga para konsumen tidak dirugikan.
Ciri-ciri ikan segar adalah sebagai berikut :
1. Warna kulit terang dan cerah
2. Daging ikan bila ditekan terasa keras.
3. Mata jernih menonjol dan cembung
4. Sisik ikan segar masih kuat melekat kuat dan mengkilat, sisik masih utuh tidak banyak yang lepas.
5. Insang berwarna merah
6. Sirip kuat
7. kulit dan daging ikan tidak mudah robek, terutama pada bagian perut.
8.Tidak berbau busuk.
Tanda ikan yang sudah busuk:
a. mata suram dan tenggelam;
b. sisik suram dan mudah lepas;
c. warna kulit suram dengan lendir tebal;
d. insang berwarna kelabu dengan lendir tebal;
e. dinding perut lembek;
f. warna keseluruhan suram dan berbau busuk.
semakin lama ikan dipasarkan tentu lendir yang dihasilkan ikan akan semakin banyak. hal ini menngakibatkan cepatnya pertumbuhan mikribia di ikan tersebut yang membuat ikan menjadi cepat busuk. oleh karena itu bila ingin mendapatkan ikan yang benar benar segar, segera datang ke tempat pendaratan ikan terdekat di sana kalian akan segera mendapatkan ikan laut segar ” FRESH FROM THE OCEAN”
Ditulis dalam Umum



NUGGET IKAN
kali ini saya akan sedilkit mengulas mengenai cara pembuatan Nugget ikan.

Bahan:
* 250 gr ikan kakap
* 2 lbr roti tawar
* 2 btr telur ayam
* Garam secukupnya
* Sedikit pala
* Sedikit thyme (jika suka)
* 2 btr putih telur
* Tepung panir
* Minyak untuk menggoreng
Cara membuat:
1. Blender ikan, roti tawar dan telur, angkat.
2. Masukkan semua bumbu, aduk rata.
3. Ambil loyang, minyaki terlebih dulu, alasi dengan kertas roti lalu
tuang adonan dan kukus selama lebih kurang 30 menit, angkat.
4. Setelah dingin dipotong-potong seperti bentuk jari atau bentuk
binatang (sesuai selera) kemudian dipanir lalu celup ke putih telur dan
dipanir lagi,
setelah itu goreng dalam minyak panas sampai berwarna kecoklatan,
angkat.
5. Hidangkan.
Ditulis dalam Olahan Ikan


ARAPAIMA GIGAS (PIRARUCU)


Arapaima gigas atau dikenal ikan arapaima masih merupakan rumpun arowana. Ikan ini termasuk ikan air tawar terbesar di dunia, dapat tumbuh sampai 2,5 – 3 meter. Arapaima gigas hanya ditemukan di sungai Amazon dan termasuk satwa yang sangat dilindungi. namun saat ini sudah bisa kita lihat di indonesia. ikan arapaima ini merupakan jenis ikan zaman purbakala karena itu kita dituntun untuk melestarikannya supaya anak cucu kita masih bisa melihat ikan air tawar terbesar di dunia ini nanti.
ikan ini dilindungi dikarenakan jumlah spesiesnya yang makin hari makin sedikit karena ikan ini biasanya dijadikan ikan konsumsi oleh masyarakat setempat karena rasa dagingnya yang enak. selain itu lidah ikan ini juga biasa dimanfaatkan sebagai obat cacingan.
Dengan ukuran tubuhnya yang besar dan tenaga yang luar biasa, Arapaima dapat merobohkan seekor anak kerbau yang sedang minum di pinggir sungai dan memakannya.
Ikan ini adalah jenis ikan yang bernapas dengan mengambil oksigen secara langsung, oleh sebab itu ikan ini sering kali kepermukaan air untuk mengambil udara. Mereka termasuk dalam ikan yang bernapas dengan mengambil udara langsug dari atmosfer (obligate air breather). Oleh karena itu, ikan ini harus muncul ke permukaan setiap 5 – 20 menit sekali, tergantung pada ukurannya. Ikan muda, biasanya muncul dipermukaan setiap 5 menit sekali, sedangkan ikan dewasa muncul setiap 18 – 20 menit sekali.

Ditulis dalam ikan hias, ikan konsumsi

Komentar

Recommended Posts

randomposts

Postingan Populer