तब्रकन cerita

Jakarta, Selasa




Gemini
Foto tabrakan galaksi. Bintang dan planet baru mungkin akan terbentuk di galaksi baru








Dua galaksi bertabrakan di arah rasi bintang Pisces, pada jarak sekitar 100 juta tahun cahaya dari Bumi. Peristiwa itu, dikatakan para astronom, seolah memberi gambaran mengerikan mengenai apa yang mungkin terjadi terhadap planet kita sekitar 5 milyar tahun ke depan.

Menurut mereka, di masa mendatang galaksi Bima Sakti, tempat Bumi berada, diperkirakan akan bertabrakan dengan galaksi Andromeda. Dalam tabrakan ini Matahari dan planet-planet, termasuk Bumi, bakal terlumat di dalamnya.

Adapun foto-foto tabrakan galaksi di atas, diambil bulan lalu menggunakan Teleskop Gemini North di Mauna Kea, Hawaii.

Profesor Ian Robson, direktur Astronomy Technology Centre Inggris, mengatakan, ketika pertama kali melihat foto itu, perasaannya menjadi gentar. “Untunglah kita masih memiliki sekitar 5 milyar tahun sebelum tabrakan dengan Andromeda terjadi,” katanya.

“Meski begitu, tak bisa dipungkiri betapa menakjubkan melihat gambaran bagaimana Bumi dan galaksi kita akan berakhir kelak,” lanjut Robson.

Gabungan kedua galaksi yang dikenal sebagai NGC 520 ini kehilangan bentuk mereka akibat tabrakan. Para astronom menduga, bintang-bintang baru terbentuk di wilayah yang bercahaya merah pudar, di bagian atas dan bawah galaksi.

Foto di atas adalah salah satu dari berbagai foto galaksi jauh dan wilayah pembentukan bintang yang diambil menggunakan Gemini Multi-Object Spectrograph (GMOS) sejak isntrumen itu dipasang tahun 2001.

Komentar

Recommended Posts

randomposts

Postingan Populer