sosio power

Kerangka Acuan
Lokakarya ”ICT Sebagai Alat Perubahan Sosial bagi Masyarakat Sipil”
Bidakara, 12 Desember 2008
Latar Belakang
Perkembangan teknologi informasi di dunia memberikan dampak langsung kepada masyarakat luas. Kehadiran berbagai perangkat seperti komputer, telpon genggam dan berbagai macam gadget lainnya menjadi dampak dari perkembangan tersebut. Otomatis, kebutuhan informasi dan komunikasi terus meningkat seiring dengan perkembangan perangkat tersebut.
Sebagai contoh yang menarik adalah perkembangan pengguna akses internet di Indonesia. Berdasarkan data dari APJII, pada tahun 1998, jumlah pengguna internet di Indonesia baru mencapai 512.000 pengguna. Angka tersebut kemudian meningkat pesat pada tahun 2001 mencapai 4.200.000 pengguna. Tahun 2006, menunjukkan angka 16 juta pengguna. Jumlah ini akan terus bertambah seiring dengan terus berkembangnya teknologi informasi.
Gerakan Organisasi Masyarakat Sipil (OMS) di berbagai belahan dunia kemudian memanfaatkan perkembangan Information, Communication and Technology (ICT) untuk mendukung advokasi, baik untuk tujuan litigasi dan non-litigasi, dan kampanye. Posisi OMS yang sangat dekat dengan kehidupan masyarakat menjadi sangat strategis. Posisi tersebut mempunyai kemampuan untuk menciptakan pengetahuan baru untuk keberlangsungan gerakan perubahan.
Begitu pula di Indonesia. Saat ini sudah terdapat beberapa OMS yang secara serius berusaha memanfaatkan berbagai perangkat ICT. Berbagai medium digunakan; cetak hingga digital menjadi alat untuk mendorong terjadinya perubahan sosial. Sudah banyak hasil yang dicapai, namun masih terdapat beberapa catatan.
SatuDunia sebagai salah satu NGO yang hadir untuk membantu OMS dalam pertukaran pengetahuan dan penggunaan ICT di Indonesia mengajak para mitra dan organisasi lainnya untuk mendiskusikannya lebih lanjut dalam lokakarya ” ICT Sebagai Alat Perubahan Sosial bagi Masyarakat Sipil”. Pada saat yang bersamaan, SatuDunia juga akan meluncurkan ulang web-site dengan wajah baru.

Komentar

Recommended Posts

randomposts

Postingan Populer