Kondensator/capacitor

Kondensator/capacitor

Kondensator terdiri dari dua jenis yaiyu jondensator poaritas dan kondensator non polaritas , untuk kondensator yang berjenis polaritas yaiyu memiliki dua kutub positif dan negatif, pemasangannya tidak boleh terbalik antara kutup minus(negatif0 dan plus(positif), karena jenis kondensator ini akan menjadi rusak. Begitu pula dengan tegangan kerjanya (voltage) tidak boleh dilapui karena dapat menagkibatkan kondensator tersebut rusak atu meledak. Kondensator berfungsi menyimpan data listrik dalam satuan Farad (F) dan daya simpanannya disebut kapasitas .
Farad aalah satuan yang besar sekali, maka nilai kondensator dinyatakan dalam satuan mikro farad (uF), nano Farad (nF), dan piko Farad (pF). Parameter nilai kondenator biasanya tercantum pada bagian badanya dan dalam bentuk kode warna maupun tulisan.
Macam-macam konensator.
• Kondensator keramik,
• Kondensator polyester,
• Kondensator kertas,
• Kondensator film,
• Kondensator elektronik,
• Kondensator variable.
Kondensator Keramik
Kondensator keramik (ceramic capasitor) adalah merupakan jenis kondensator non polaritas yang artinya tidak memiliki polarits, misalnya kutub positif dan negatif. Kondensator keramik mmiliki bentuk bulat tipis dan kapasitasnya dan satuan piko Farad (pF). Untuk lebih jeles lihat gambar di bawah ini.





Kondensator Kertas
Kondensator kertas (paper capasitor) adalah merupakan jenis kondensator non polaritas . kondensator ini memiliki bentuk bulat panjang dan kapasitasnya dalam satuan piko Farad (pF). Kondensator ini sering disebut kodensator padder dan umumnya digunakan paa rangkaian pesawat penerima radio. Untuk lebih jelasnya lihat gambar bawah ini.






Kondensator Polyester
Kondensator polyester ( polypropylene capasitor ) adalah merupakan jenis kondensator non polar yang artinya tidak memiliki polaritas, misalnya kutub positif dan negatif. Kondnsator ini mempunyai bentuk persegi da kapasitasnya dihitung dalam satuan nano Farad (nF). Kondensator polyester ini cara meng hitungnya sama dengan kondensator keramik.
Kondensator Film
Kondesator film ( metalized film capasitor ) adalah merupakan jenis kondensator non polaritas yang artinya tiak memililki polaritas, misalnya kutub negatif dan positif.

Komentar

Recommended Posts

randomposts

Postingan Populer