renag dasar

Untuk melai start dalam erlombaan kita berpendapat bahwa yang terbaik adalah berdiri pada sisi koloam renag dengan kesua kaki terbuka selebar bahu, menghadap ke air dengan jari-jari kaki anda menggelung pada tepi kolam.
Dari sini lalu diambil sikap berdiri untuk star. Membungkuk ke depan pada pinggang, kedua lutut anda sedikit membengkok. Mata anda harus melihat ke bawah dank e depan, dengan lengan anda ditempatkan di muka tubuh anda, dalam sikap terkulai ke bawah arah permukaan air. Kaki terbuka selebar bahu, tangan anda biasanya ditempatkan tepat di sisi luar kaki. Setiap orang hendaknya mengambil sikap yang paling nyaman bagimya.
Star perlombaan untuk gaya kupu-kupu, gaya dada dan gaya bebas dilakukan dari suatu balok pemberangkatan yang ditempatkan pada ujung garis star dari kolam renang pertandingan.
START GAYA PUNGGUNG
Start gaya punggung dilakukan dengan perenang berada dalam air. Anda memulai renag gaya punggung ini dari balok pemberangkatan yang sama seperti terjun pada perlombaan-perlombaan yang lainya. Berikutnya adalah menempatkan jari-jari kaki pada dinding.
Setelah anda meletakan jari-jari kaki anda, kira-kira pada permukaan air, anda dapat memegang balok start gayapunggung dengan kuat.
Apabila petugas memberi aba-aba,”ambil ancang-ancang”, tarik tubuh anda dengan lengan di dekatkan ke paha, dalam sikap melingkar sambil beryumpupada dinding dan balok start. Saat mendengar bunyi pistol atau peluit, anda mengangkat badan sendiri kearah atas dan mendorongkan diri ke luar menjauh dari balok start. Pada saat anda menghentak menjauhi dinding, berusahalah mengibaskan air, dengan melengkungkan punggung ketika badan menjulur ke luar.
MEMBALIK TERBUKA GAYA BEBAS
Ketika perenang hamper mendekati ujung kolam, satu tangan menjangkau dan mendekatkan kepala serta tubuh ke dinding, berputar ke samping dari lengan yang lurus itu. Lengan yang bebas berasa di samping pada permulaan membalik dan kemudian mengait air, membantu membuat tubuh dalam posisi melingkar. Pada saat tubuh melingkar, saat itulah badan berputar kea rah tangan yang tidak menyentuh dinding. Akhir putaran dilakukan dengan merapatkan kaki dan tubuh ke dinding.

Komentar

Recommended Posts

randomposts

Postingan Populer