TRANSFORMATOR

TRANSFORMATOR

Transformator adalah suatu alat yang dipergunakan untuk memindahkan daya listrik AC,DC,audio,dan lain sebagainya.
Macam-macam transformator adalah

1. Transformator Input (Input Transformer = IT )
2. Transformator Output (Output Transformer = OT)
3. Transformator Adaptor

A. TRANSFORMATOR INPUT (IT)

Transformator input bentuknya lebih kecil dibanding dengan transformator output.gulungan primer biasanya labia banyan dripped gulungan sekunder. Bagian IT terdapat dua kaki kawar. Sedangkan bagian sekundernya ada yang 3 kaki, juga ada yang 4 kaki (pada IT khusus kaki 6 )
Fungsi Transformator input adalah untuk menyesuaikan impedansi masukan dan keluaran ada rangkaian penguat frekuansi audio amplifier,Transformator input juga berfungsi sebagai pembelah fasa sinyal AC (alternating current) informasi di bagian keluarannya(output)

B. TRANSFORMATOR OUTPUT
Transformatr output(OT) pada dasarnya adalah sama seperti transformator input dan juga sebagai alat untuk menyesuaikan impedansi masukan dan keluaran. Transformator output pada umumnya dipergunakan dipergunakan pada ragkaian penguat frekuansi audio.

C. TRANSFORMATOR ADAPTOR
Transformator adaptor adalah merupakan suatu trasformator yang berfungsi menyesuaikan tegangan AC kepada suatu alat lain atau pesawat (piranti) yang membutuhkan sumber tegangan listrik DC. Adaptor berasal dari kata to adaptor yang berarti menyesuaikan dan merubah tegangan listrik AC atau DC, dan tentunya denagan tegangan tertentu atau yang di ingikan.
D. TRANSFORMATOR INPUT
Tansformator input atau (IT) adaah merupakan jenis trasformator yang berfungsi sebagai alat untuk menyesuaikan impedasi masukan dan keluaran pada rangkaian pnguat frekuensi audio (amplifier). Tranformator input ini juga berfungsi sebagai pembelah fasa sinyal AC (Alternating Current) informasai dia bagian keluarnya. Dipasaran tersedia transformator input dengan berbagai macam type misalnya IT-191, IT-426, dan lain sebagainya.
E. TRANSFORMATOR OUTPUT
Transformator output (OT) pada dasarnya adalah sama seperti transformator input dan juga berfungsi sebagai alat untuk menyesuaikan impedansi masukan dan keluaran. Transformator output ini pada umumnya dipergunakan pada rangkaian penguat frekuen si audio (amplifier). Bagian keluarannya memiliki bermacam-macam impedansi misalnya 4 Ohm, 8 Ohm , dan 16 Ohm. Uumnya bagian keluaran dari transformaator ini dihubungkan langsung dengan loudspeaker. Type-type yang terdapat di pasaran umumnya adalah OT-191, OT-240, OT-426,OT-Walky Talk, dan lain sebagainya.
F. TRANSFORMATOR FREKUENSI ANTARA
Transformator frekuesi antara (Intermediate Frequensi) atau yang lebih dikenal dengan nama trafo MF/IF ini merupakan suatu trnsformator yang bekerja menghasilkan frekuensi sebesar 455 KHz, Transformator ini digunakan untuk meperkuat sinyal-sinyal frekuensi menenengah pada pesawat penerima radio. Satu set trafo MF/IF ini biasanya terdiri dari tiga buah travo yaitu warna kuning, putih, dan hitam. Kerusakan umum pada transformator ini adalah berupa kondensatornya korsluit atau bisa juga isolasi email kawatnya cacat, sehingga antara kawat email yang satu dengan yang lainnya berhubungan singkat. Namun dapat juga kawat emailnya (gulungan/lilitan) putus. Di pasaran tersedia berbagai macam merk seperti TOKO, SUMIDA, MATSUSHITA, ALFA, dll.

Komentar

Recommended Posts

randomposts

Postingan Populer