PENGERTIAN BIMBINGAN DAN KONSELING

PENGERTIAN MANAJEMEN BK




A. PENGERTIAN MANAJEMEN
1. Manajemen adalah seniuntuk menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain.

B PENGERTIAN BIMBINGAN DAN KONSELING
1. Pengertian Bimbingan
a. Bimbingan merupakan bagian dari program pendidikan secara keseluruhan yang membantu dan memberikan kesempatan bagi setiap individu yang diberikan oleh orang yang memiliki keahlian agar individu dapat berkembang sesuai dengan kemampuan dan cita-citanya secara demokratis. (Mortensen: 1964, hal 20)
b. Bimbingan adalah suatu proses pemberian bantuan kepada individu yang dilakukan secara terus menerus supaya individu tersebut dapat memahami dirinya sehingga ia sanggup mengarahkan diri dan dapat bertindak wajar sesuai dengan tuntutan dan keadaan lingkungan sekolah, keluarga dan masyarakat. (Rahman Natawijaya,1984)
c. Bimbingan adalah proses bantuan yang diberikan kepada seseorang agar ia mampu mengembangkan poensi yang dimiliki, mengenal diri sendiri dan mengatasi persoalan-persoalan sehingga ia mampu menentukan jalan hidupnyasecara bertabggung jawab tanpa tergantung tanpa tergantung pada orang lain.(Dewa Ketut Sukardi,1996)
2. Pengertian Konseling
a. Konseling meliputi semua bentuk situasi hubungan antara dua orang yang satu sebagai klien yang dibantu untuk memperoleh penyesuaian yang lebih efektif baik penyesuaian terhadap dirinya sendiri maupaun terhadap lingkungannya (Robinson:1950 hal 20)
b. Konseling adalah suatu proses interaksi antara seseorang dengan orang lain, seseorang dibantu oleh orang lain yang dimaksudkan untuk meningkatkan pemahaman dan kesanggupannya dalam mengahadapi masalah. (Mortensen:1964, hal 20)
c. Konseling dadalh suatu hubungan timbal balik diantara dua orang individu (penyuluh dan klien) dimana penyuluh berusaha menolong klien supaya dapat lebih baik memahami dirinya dalam hubungannya dengan masalah hidup yang dihadapinya pada masa lalu, masa kini dan masa yang akan datang, sehingga ia dapat memecahkannya. (Rochman:1987)


Rahman, Hibana S.2003. Bimbingan dan Konseling Pola !7. Yogyakarta:UCY Pres.
Tawil.1992. Layanan Konseling di Sekolah. Magelang:UMM.

Komentar

Recommended Posts

randomposts

Postingan Populer