PERJUANGAN ISLAM PADA MASA NAB

PERJUANGAN ISLAM PADA MASA NABI

FASE MAKKAH

A.Dakwah secara sembunyi – sembunyi

Nabi Muhammad sewaktu menerima wahyu pertama (surat Al Alaq) di Gua Hira’ tidak menyadari bahwa dia terpilih untuk menerima wahyu dari Allah SWT, sehingga hatinya gemetar. Dalam keadaan gemetar, istri nabi, Khatijah menyelimuti nabi. Belum red dalam gemetarnya, tiba-tiba nabi mendapat wahyu yang kedua( surat Al Mudatsir ) yang intinya memerintahkan nabi untuk berdakwah.Saat itulah nabi dan istrinya mendatangi Nauval, seorang ahli kitab. Nauval mengatakan bahwa nabi telah menjadi rosul dan penerima wahyu dari Allah.Selanjutnya nabi melaksanakan perintah Allah dengan berdakwah secara sembunyi – sembunyi terbatas pada kalangan sanak keluarga dan saudara dekat.

B. dakwah secara terang – terangan

Setelah melaksanakan dakwah secara sembunyi – sembunyi, Allah menurunkan perintah atau wahyu untuk berdakwah secara terbuka atau terang – terangan . Perintah tersebut terdspst dalam surat Al Hijr ayat 94 yang artinya“Maka sampaikanlah ( Muhammad ) secara terang – terangansegala apa yang diperintahkan( kepadamu ) ddan berpalinglah dari orang – orang musyrik”. Nabi selanjutnya melaksanakan perintah itu , tetapi banyak orang kafir Quraisy yang menolak untuk melaksanakan ajaran Islam. Mereka bahkan akan memusuhi nabi apabila nabi masih meneruskan dakwahnya. Berbagai cara dilakukan oleh kaum kafir agar nabi menghentikan aktifitasnya, namun nabi dan pengikutnya tak tergoyahkan hatinya. Tak heran jika kekerasan fisik kemudian terus – menerus dialami oleh mereka.
Suatu saat nabi harus menyelamatkan kaumnya dari kekejaman kaum kafir. Nabi memerintahkan kaumnya untuk hijrah ke Madinah yang kemudian akan disusul oleh nabi. Peristiwa hijrahnya nabi mendapat banyak pertolongan dari Allah, misalnya saat bersembunyi di gua Tsur.

Komentar

Recommended Posts

randomposts

Postingan Populer