Wirausaha sebagai Alternatif Pilihan dalam Menghadapi Persaingan Global

Di era sekarang ini, telah terjadi proses globalisasi dan modernisasi yang memicu masyarakat untuk bersaing dan kompetitif dalam dunia usaha. Era global membuat sejumlah orang menciptakan sebuah kreatifitas dan inovasi yang tinggi. Oleh karena itu, wirausaha menjadi jalan alternatif bagi masyarakat dalam menghadapi tantangan global.
Wirausahawan ialah orang atau sekelompok orang yang membuka atau memperluas lapangan pekerjaan. Sebelum seseorang menjadi wirausahawan ia harus memiliki pola pikir sebagai berikut :
1. Rajin dan bersemangat dalam mencapai peluang baru.
2. Mengejar peluang dengan disiplin ketat, maksudnya kemunduran atau kegagalan dalam bisnis tidak membuat mereka putus asa dan berhenti.
3. Wirausahawan berfokus pada tindakan yang feksibel. Mereka tidak menunggu segala sesuatu sempurna sebelum memulai suatu bisnis. Dalam bertindak, mereka selalu waspada membaca situasi dan fleksibel untuk menyesuaikan tindakan mereka bila dirasa salah.
4. Wirausahawan melibatkan dan memanfaatkan energi orang-orang di sekitar mereka.
Wirausahawan harus memiliki kemampuan dalam mengorganisasi usahanya. Ia juga harus memilik keahlian dalam bersikap dan bertindak. Untuk menjadi wirausahawan yang optimal seseorang harus memiliki rasa percaya diri yang kuat, berani mengambil resiko, memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik dengan orang lain, memiliki kemampuan untuk membuat keputusan dan memiliki kemampuan untuk belajar dari kegagalan atau kesalahan.
Wirausahawan dalam menjalankan usahanya juga menghadapi tantangan-tantangan bisnis. Tantangan-tantangan tersebut misalnya kesulitan mengumpulkan modal atau dana yang besar, persaingan yang ketat dalam dunia usaha dan kurangnya keahlian atau kemampuan dalam menghadapi masalah bisnis. Akan tetapi, jika kita ingin menjadi wirausahawan yang berhasil maka kita harus dapat mengubah tantangan-tantangan tersebut menjadi sebuah semangat dan dorongan bagi kita untuk lebih gigih dalam berwirausaha.

Komentar

suma mengatakan…
hem saatnya kita berwirausaha

Recommended Posts

randomposts

Postingan Populer