Macam-Macam Batuan :

Macam-Macam Batuan :
Batuan beku (igneous rocks)
Terbentuk karena pembekuan magma, tersusun dari mineral-mineral primer (silikat), instrusi, ekstrusi, hidrotermal, masiv, kompak. Contoh batuan : Riolit, Andesit, Granit, Diorit, Gabro, Peridotit, Basalt.

Macam-macam batuan beku dalam :
1. Granit dan Granodiarit
Feldspar dan kuarsa adala mineral-mineral yang sebagian besar mengutamakan granit dan granodiarit, mika, muskovit dan biotit juga terdapat pada keduanya sedangkan pada anyak batua granit tersusun atas butiran-butiran hornblade.
2. Diorit
Sebagian besar mineral diorit adalah plagioklas selain itu terdapat juga kuarsa dan mika begitu pula dengan amphibol dan proksen. Diorit adalah batuan beku biasa.
3. Gabro dan Peridotit
Diorit yang memiliki warna gelap termasuk dalam kelompok gabro begitu pula dengan mineral piroksen dan oliven yang berwarna gelap sedangkan batuan beku dengan butiran kasar dinamakan oliven sebagai mineral utama disebut peridotit.



Macam-macam batuan beku luar. :
1. Rhyolit dan Dacit
Batuan beku afanitik dengan komposisi dari granit disebut rhyonit. Jika komposisi batuan beku afanitiknya adalah granodiorit maka disebut dengan dacit. Baik rhyolit maupun dacit sebenarnya memuat granit, perbedaanya adalah rhyolit sebagian besar tersusun atas potasium feldspar sedangkan dacit penyusun utamanya adalah plagioklas.
2. Andesit
Batuan beku yang nampak seperti dacit tetapi tidak terdapat kuarsa disebut andesit. Komposisi andesit sama dengan diorit dan andesit biasanya berwarna abu-abu, ungu, dan bahkan hijau gelap. Sebagian besar andesit adalah porfiritik dengan ponokrist ampibol, piroksen, atau plagioklas tetapi bukan kuarsa.
3. Basalt
Batuan utama penyusun kerak samudra adalah basalt. Basalt adalah batuan beku dengan butiran yang halus bahkan kadang-kadang porfiritik, basalt warnanya selalu abu-abu gelap atau hitam, dan komposisinya sama dengan gabro.
4. Piroklastik
Batuan piroklastik adalah batuan transisi antara batuan beku dengan `batuan sedimen dan disebut juga dengan agglomerat, ketika partikel-partikel tepra berukuran bom atau tufa ketika partikelnya adalah lapili atau abu

Batuan sedimen (sedimentary rocks)
Terbentuk karena adanya proses pelapukan, transportasi dan pengendapan, tersusun terutama dari mineral-mineral sekunder, foliated, fosil, struktur sedimen, struktur geologi.
Dalam Pengertian lain batuan sedimen adalah batuan yang terbentuk dari hasil pengendapan baik secara mekanik, kimia, maupun organik. Contoh B.S. mekanik :Breksi, Konglomerat, Batu pasir, Lanau, Batu Lumpur, Lempung, Napal.Contoh B.S.( organik ) - kimiawi : Antrasit, Batubara, Grafit, gambut dan lignit, radiolaritContoh B.S.kimiawi : Gips, Batu Garam, Anhidrit, Magnesit, Gamping traveltin.

Jenis Batuan Sedimen :
Secara umumnya, sedimen atau batuan sedimen terbentuk dengan dua cara, yaitu :
1) terbentuk dalam lembangan pengendapan atau dengan kata lain ianya tidak mengalami proses pengangkutan. Sedimen sebegini dikenali sebagai sedimen autochthonous. Antara sedimen yang termasuk dalam kumpulan ini ialah evaporit, batukapur,laterit.
2) mengalami proses angkutan, atau dengan kata lain, puncanya daripada kawasan luar lembangan, dan proses luluhawa, hakisan dan angkutan membawa sedimen ini ke lembangan pengendapan yang baru. Sedimen ini dipanggil sedimen allochthonous. Antara yang termasuk dalam kumpulan ini ialah konglomerat, volkanoklastik.
Batuan malihan (metamorphosis rocks)
Batuan malihan adalah batuan yang terjadi oleh peristiwa kimia dalam jangka waktu yang lama, tekanan yang sangat besar dan dalam suhu yang sangat tinggi. Batuan malihan bersal dari batuan beku dan batuan endapan yang berubah karena pengaruh suhu dan tekanan tinggi dalam kerak bumi. Contoh Batuan : Serpentinit, kuarsit, Batubara.



Macam-macam Batuan Malihan/ Metamorf

a. Marmer atau batu Pualam

Marmer adalah batu gamping yang berbah karena tekanan dan suhu tinggi di dalam kerak bumi. Marmer atau batu pualam mempunyai permukaan yang mengkilap dengan garis-garis warna lembut melintang banyak digunakan batu hiasan karena indah dipandang.

b. Batu Sabak
Batu sabak adalah batuan metamorf yang berasal dari batuan sedimen berbutir halus, misalnya serpih yang berubah karena tekanan dan suhu tinggi

c. Batu Kuarsa
Batu kuarsa berasal dari batu pasir yang berubah karena suhu dan tekanan yang tinggi

Komentar

Recommended Posts

randomposts

Postingan Populer