senarai mahzab kalam part 1

berikut sedikit uraian tentang beberapa mahazab kalam yang ada dalam islam..

1.khawarij...

kata khawarij adalah bentuk jamak dari khrij yang berarti orang2 yang keluar.
sebagian sajarawan berpendapat bahwa setiap orang yang memisahkan diri dari pimpinanya di sebut khawarij.
... Lihat Selengkapnya
tetapi yang di maksud dengan khawarij dalam catatan ini adalah golongan yang memisahkan diri dari kelompok Ali bin Abi Thalib sesudah terjadinya 'tahkim' pada waktu perang siffin.
dan dalam perkembangannya aliran ini terpecah menjadi beberapa sekte.setiap sekte hampir sepakat mengatakan bahwa aetiap orang yang berbeda pendapat dengan mereka adalah kafir.

diantara sekte khwarij yang terkenal adalah al-muhakkimah.
menurut sekte ini,hukum yang benar hanyalah hukum Allah.maka dari itu,mereka berpendapat bahwa Ali,Mu'awiyah,Amr ibu Ash,dan Abu Musa al-Aasy'ari telah berbuat salah karena mereka telah membuat keputusan di luar AL QUR'AN.
golongan ini sangat gencar mempertahankan keyakinan mereka hingga membunuh siapa saja yang menjadi penentangnya.

selain itu terdapat sekte al-azariqah yang di pelopori oleh Nafi' ibn Azraq.sekte ini adalah yang paling besar di antara sekte yang ada.

selain itu dalam aliran khawarij terdapat sekte al-najdah.pada mulanya sekte ini adalah bagian dari al-azariqah.tapi memisahkan diri atas inisiatif Abu Fudayl dan pengikutnya karena perbedaan pendapat tentan hukum membunuh anak dan istri yang musyrik.

dan ada sekte yang lebih moderat yaitu al-ajaridah.menurut sekte ini,hijrah ke kaum khwarij bukan kewajiban seperti yang dikatakan Nafi',tetapi adalah kebajikan.
dan harta musuh tidak semuanya boleh diambil sebagai rampasan.yang boleh dirampas hanya harta musuh yang telah mati.

2. Murjiah..

kata murjiah diambil dari kata arja'a yang berarti menunda,melambaikan,dan mengemudiankan.
menurut Al-syahratstani,kata arja'a juga berarti mengharapkan.
jadi murjiah bisa berarti aliran yang mengemudiankan amal dari iman dan ada yang menunda persoalan dosa itu sampai hari kiamat.
bisa pula murjiah berarti suatu mahzab kalam yang mengharapkan agar dosa2 itu diampini dan di tukar oleh than dengan kebaikan.

seperti khawarij,murjiah juga muncul karena persoalan politik.
setelah peristiwa tahkim,pengikut Ali terpecah menjadi dua golongan yaitu :
1. khawarij...yang berbalik menentang Ali.
2. syi'ah .....yang kuat mendukung Ali.
meski bemusuhan,kedua golongan ini sama2 menentang bani Umayyah.namun jika khawarij menentang Mu'awiyah karena dia telah menyimpang dari hukum Allah.syi'ah menentang karena dia telah merebut kekuasan dari tangan Ali.

dalam pertentangan itulah lahir golongan murjiah sebagai golongan yang netral dan tidak mau ikut dalam kafir-mengkafirkan.
bagi murjiah kelompok Ali dan Mu'awiyah masih bisa dipercaya.oleh karena itu golongan ini tidak mau mengeluarkan pendapat tentang siapa yang benar dan salah dan menunda penyeleseiannnya pada hari kiamat.
bila khawarij menghukum kafir setiap orang yang berdosa besar,murjiah menganggapnya tetap mukmin dan pembalasan dosa mereka di tunda dan diserahkan pada Allah pada hari kiamat kelak.
argumen yang mereka kemukakan adalah orang yang berbuat dosa besar masih tetap mengakui bahwa tiada tuhan selain Allah dan Muhammad adalah rasulNYA.orang seperti ini tetap mengucapkan syahadat sebagai dasr keimanan.

golongan murjiah terbagi dalam dua kelompok besar yaitu :
1. golongan moderat>>>golongan ini mengatakan orang yang berdosa besar bukan kafir tapi mukmin dan tidak kekal dalam neraka.mereka akan dihukum dalam neraka sesuai besarnya dosa yang mereka lakukan dan kemudian masuksurga.namun adapula kemungkinan tuhan mengamppuni mereka sehingga mereka tak masuk neraka sama sekali.
2. golongan ekstrim>>>di pelopori oleh Jahm ibn Shafwan.menurutnya orang islam yang percaya kepada tuhan,kemudian mengatakan kafir secara lisan,belumlah menjadi kafir karena iman dan kufur terletak dalam hati,bukan dalam bagian lain dalam tubuh manusia.bahkan orang itu juga tak menjadi kafir ,walaupun ia menyembah berhala,menjalankan ajaran agama lain,menyembah salib,dan kemudian meninggal,orang-orang ini tetap mukmin yang sempurna bagi Allah.

karena iman bagi golongan murjiah terletak dalam hati,hanya tuhan yang mengetahui.timbullah dalam pendapat mereka bahwa melakukan maksiat,atau pekerjaan jahat tidak merusak iman.jika seseorang mati dalam keadaan beriman,dosa2 dan pekerjaan jahat yang dilakukannya tidak akan merugikan orang itu.
pemikiran2 itu menimbulkan pengertian bahwa amal tidak sepenting iman.iman terletak dalam hati dan tak seorangpun yang mengetahuinya.

pemikiran murjiah ini menguntungkan pemerintah yang sedang berkuasa.kedudukan dan keabsahan Mu'awiyah disaat itu secara politis tidak batal,meski ia telah berbuat sesuatu yang dianggap dosa.
dengan demikian pemberontakan terhadap Mu'awiyah tidak sah secara hukum.
ada kemungkinan murjiah mendukung pemerintahan Mu'awiyah atas dasar agama meski mereka tak terlalu menyukai Mu'wiyah,tetapi murjiah mementingkan hukum dan ketertiban.

aliran murjiah,baik yang ektrem dan moderat telah hilang dalam sejarah sebagai golongan yang berdiri sendiri.
tetapi ajaran murjiah moderat mengenai iman dan kufur di jumpai dalam aliran Asyy'ariyyah.

3. Jabbariyyah...

kata jabbariyyah berasal dari jabbara yang berarti memaksa.
Ali Mudhfir mengartikan jabbara dengan alzamahu fi fi'lih,berkewajiaban dalam pekerjaan.(jabr)pasrah.

sebelum masa islam sikap jabr telah ditemukan dalam masyarakat arab.
bila khawarij melihat kepada kafirnya seseorang,murjiah melihat kepada mukminnya seseorang,aliran jabbariyyah disis lain melihat kepada perbuatan Alah dan perbuatan manusia.

dalam sejarah aliran ini di munculkan pertama kali oleh Ja'ad ibn Dirham,dan dikembangkan oleh Jahm ibn Shafwan.bibit ajaran ini sudah ada semenjak zaman sahabat,tetapi berkembang pada masa tabiin.aliran ini ada yang ekstrim dan yang moderat.

yang ekstrim mengatakan bahwa manusia tidak menciptakan perbuatannya.perbuatan itu hanya pada Allah.manusia tidak mempunyai perbuatan karena dia tidak memiliki kemampuan (istitha'ah) untuk berbuat.perbuatan yang diciptakan tuhan dalam diri manusia sama dengan gerak yang diciptakan tuhan pada benda mati.oelh sebab itu,manusia berbuat bukan dalam arti sebenarnya tetapi dalam arti majasi.segala perbuatan manusia merupakan perbuatan yang dipaksakan atas dirinya,termasuk perbuatan mengerjakan kewajiban dan menerima pahala dan siksa.dengan demikian perbuatanmanusia tidaklah timbul dari kemauannnya sendiri tetapi perbuatan itu di paksakan atas dirinya.
jadi jabbariyah ekstrem berkeyakinan bahwa yang mempunyai rencana dan melaksanakan perbuatan manusia adalah Allah.manusia dianggap sebagai pelaku yang semu terhadap perbuatannya sendiri.

sedang jabbariyyah moderat berpendapat bahwa tuhan memang menciptakan perbuatan manusia,baik yang baik dan yang jahat,tetapi manusia mempunyai andil dalam mewujudkan perbuatan itu.tenaga yang di ciptakan dalam diri manusia mempunyai efek dalam mewujudkan perbuatan2nya.inilah yang disebut 'kasb'dengan arti perolehan bagi manusia karena yang mewujudkan perbuatan bukan manusia melainkan tuhan.perbuatan menusia pada hakekatnya diciptakan tuhan.manusia dan tuhan bekerja sama dalam mewujudkan perbuatan2 manusia.

"kamu tidak menghendaki,tetapi Allah yang menghendaki......"(Qs Al-Insan : 30).

oleh sebab itu tidaklah heran paham ini masih terdapat dalam kalangan muslim meski pembawa dan penganjurnya telah tiada.
dan paham jabbariyyah moderat bisa di jumpai dalam paham Asy'ariyyah.

Komentar

Recommended Posts

randomposts

Postingan Populer