Apa dan Bagaimana Ikhlas Itu ?

Saudara-saudaraku yang budiman... Saat aku ditanya tentang apa dan bagaimana ikhlas itu, aku sering kesulitan dan kadang tidak bisa menjawab atau menjelaskannya. Tapi aku pernah merasakan, bahwa kala aku melakukan sesuatu itu terasa ringan, aku merasa bahwa itu adalah keikhlasan... Jika aku mengerjakan sesuatu, tapi aku merasa berat melakukannya, maka aku berkesimpulan bahwa aku tidak/belum ikhlas dalam bekerja. Jika aku hendak menolong seseorang, tapi aku masih berpikir untung-rugi padahal aku mampu menolongnya, maka aku berkesimpulan bahwa aku tidak/belum ikhlas dalam menolong. Jika aku mendengar seruan Tuhan, tapi aku melangkah berat untuk menemui-Nya, maka aku berkesimpulan bahwa aku tidak/belum ikhlas dalam bersyukur kepada-Nya. Jika demikian halnya, benarkah bahwa tanda ikhlas itu adalah keringanan hati dan langkah kita dalam kehidupan ?

Komentar

Recommended Posts

randomposts

Postingan Populer