PANDUAN KEGIATAN KUNJUNGAN LAPANGAN KE UNIT-UNIT USAHA

Tujuan: 1. Mempelajari sejarah dan tujuan didirikannya unit usaha 2. Mempelajari struktur organisasi unit bisnis dan fungsi-fungsi yang dijalankan oleh tiap-tiap bagian 3. Mempelajari proses komunikasi internal yang dijalankan oleh unit bisnis, kendala-kendala dan solusi. Dulu sempat bermasalah dengan penyimpanan kulkas biasa dan lebih cepat basi kalo sekarang pakai freezer. Dan yang menjadi masalah saat ini adalah menyeimbangkan antara supply dan demand, ini perlu dikomunikasikan dengan para penyuplai susu, ususnya berasal dari kunak, jl. Kebun pedes, dan fapet ipb 4. Mempelajari proses komunikasi eksternal (cara pemasaran dan promosi produk atau jasanya) yang dijalankan oleh unit bisnis, kendala-kendala dan solusinya pada Cara pemasaran yang dilakukan oleh momomilk adalah melalui meida internet yaitu twitter, facebook. Selain itu momomilk membuat iklan di majalah kampus. Promosi juga dilakukan dengan cara memberikan promo beli 2 gratis 1 pada produk baru dan member potongan harg ketika momomilk membuka cabang baru. Panduan pertanyaan: 1. Profil Unit Usaha: sejarah, tujuan, struktur organisasi, fungsi masing-masing bagian, atribut/identitas organisasi dsb. - Sejarah : Awalanya momomilk bernama I’m milk, hanya nama itu telah digunakan oleh UKM lain sehingga namanya pun berganti menjadi momomilk. Momomilk dibuka pada tanggal 1 Januari 2011 yang berlokasi di Regina Pacis dan Bogor Junction dan pada tanggal 18 maret 2011 momomilk kembali membuka cabang di SMAN1. Alasan pemilihan lokasi ini adalah pangsa pasar yang tinggi dan target pasar yang ditujunya merupakan anak-anak muda. - Tujuan : momomilk ikut mendukung gerakan revolusi putih yang merupakan gerakan untuk memenuhi kalsium pada anak muda. - Struktur organisasi: momomilk belum mempunyai struktur organisasi yang jelas, pemilik momomilk (CEO) adalah Nur nabilah dan Haidhar Wurjanto dan dibawah CEO langsung karyawan. - Fungsi-fungsi bagian: CEO berfungsi untuk mengontrol kualitas susu dan kinerja dari karyawan. Karyawan berfungsi untuk melayani pelanggan secara langsung dan melaporkan kepada CEO mengenai kegiatan perdagangan sehari-hari. 2. Bagaimana cara rekrutmen pegawai? Awalnya CEO mencari informasi mengenai orang yang membutuhkan karyawan, kemudian diwawancara tentang keseriusan bekerja. Setelah itu karyawan di trial selama 3 bulan, apabila kinerja yang diberikan baik, maka karyawan itu diangkat menjadi karyawan tetap. 3. Bagaimana cara mengkoordinasikan tugas-tugas dengan pegawai? Adakah pertemuan rutin? Pertemuan dilakukan 1 kali seminggu. Setiap pertemuan diadakan sharing mengenai keluhan, perkembangan dan motivasi untuk karyawannya. Dari karyawan diangkat sebaga karyawan tetap, karyawan diberikan SOP untuk tugas-tugas yang harus dilakukan. 4. Bagaimana cara mengontrol hasil pekerjaan pegawai? CEO mempunyai perhitungan sendiri mengenai hasil dari usaha itu dan mempunyai target pencapaian mengenai penjualan produk sehari-hari sehingga hasil pekerjaan pegawai dapat dikontrol melalui tercapai atau tidaknya target tersebut. Serta kepuasan pelanggan juga menjadi indikator terhadap hasil pekerjaan pegawai. 5. Informasi tentang apa saja yang diharapkan dari bawahan? Informasi yang diharapkan CEO adalah mencapai target yang telah ditentukan dan semua berjalan baik dan tidak ada complain dari pelanggan. 6. Bentuk-bentuk komunikasi lisan yang menunjukkan hubungan antara atasan dan bawahan CEO momomilk menerapkan bentuk komunikasi semiformal kepada karyawannya, agar karyawan merasa nyaman untuk mengutarakan pendapat dan tetap bisa menghormati CEO tanpa berlebihan. 7. Berbagai bentuk komunikasi tertulis dan contohnya Karyawan membuat laporan keuangan tertulis setiap harinya dan akan diberikan kepada CEO pada setiap minggunya. 8. Siapa saja stakeholder eksternal? Vidia purnamasari sebagai investor pada usaha momomilk ini. 9. Bagaimana cara menjalin hubungan dengan stakeholder eksternal? Setiap minggu ada laporan kepada stakeholder eksternal mengenai hasil dari penjualan. 10. Bagaimana cara menangani claim dari pelanggan? Saat mendapat claim, CEO mencari tahu asal usul dari claim terssebut dan apabila memang benar terjadi, CEO akan merespon cepat mengenai claim tersebut karena CEO momomilk sangat menjunjung tinggi kepuasan konsumen. Format Laporan: 1. Pendahuluan (latar belakang, tujuan) 2. Profil Unit Usaha 3. Penyelenggaraan Komunikasi Internal 4. Penyelenggaraan Komunikasi Eksternal 5. Masalah-masalah dalam Komunikasi 6. Kesimpulan dan Saran 7. Lampiran Dokumentasi Format : Kertas A4; Huruf Arial 11; Spasi 1,5; margin 4333, Aku udah wawancara, ini hasilnyaa, nah tolong dirapihin yaa, mengenai komunikasi internal eksternal aku kurang ngerti karena ga baca bukunya, kalo salah tolong perbaiki terus nanya langsung ke aku ya.. kalo ada yangkurang tolong ditambaha”in.. makasiiih  semangaaat.. oia NRP aku H24090052 nama Yustisia Annisa   Laporan Turun Lapang JUDUL Oleh: Kelompok 1 Nama Satu I3406xxxx Nama Dua I3406xxxx Nama Dst I3406xxxx Dosen: Ir. Yatri Indah Kusumastuti, M. Si Asisten: Robi Rendanikusuma I3408xxxx Farhan I3408xxxx DEPARTEMEN SAINS KOMUNIKASI DAN PENGEMBANGAN MASYARAKAT FAKULTAS EKOLOGI MANUSIA INSTITUT PERTANIAN BOGOR 2012

Komentar

Recommended Posts

randomposts

Postingan Populer