Contoh Tekst: Kontrak Kuliah dan Bisnis

MATAKULIAH KOMUNIKASI BISNIS DEPARTEMEN SAINS KOMUNIKASI DAN PENGEMBANGAN MASYARAKAT FAKULTAS EKOLOGI MANUSIA INSTITUT PERTANIAN BOGOR Semester Genap 2010/2011 KONTRAK PERKULIAHAN Nama Matakuliah : KOMUNIKASI BISNIS Kode Matakuliah : KPM 213 Semester, Tahun Ajaran : Genap, 2010/2011 1. MANFAAT MATAKULIAH Mata kuliah ini akan memberi manfaat bagi mahasiswa dalam menjelaskan konsep, teori, prosedur, dan prinsip-prinsip dalam komunikasi bisnis. 2. DESKRIPSI MATAKULIAH Matakuliah ini menjelaskan pengertian tujuan dan bentuk komunikasi bisnis, komunikasi dalam manajemen dan organisasi, kemunikasi dengan bernbagai stakeholders, desain pesan komunikasi bisnis, korespondensi bisnis, proposal dan laporan bisnis, lobi dan negosiasi, wawancara, public speaking, manajemen meeting, public relations dan komunikasi pemasaran. 3. TUJUAN MATAKULIAH Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa akan dapat menjelaskan konsep, teori, prosedur, dan prinsip-prinsip yang mendasari kegiatan komunikasi bisnis. 4. STRATEGI PERKULIAHAN Kuliah diberikan kepada mahasiswa program sarjana (S1) baik untuk kategori program mayor, minor maupun interdepartemen di Institut Pertanian Bogor pada semester genap. Perkuliahan yang dilakukan sebanyak 14 kali pertemuan kuliah tatap muka, 13 kali praktikum. Metode perkuliahan adalah kombinasi antara ceramah dan diskusi kelas. Praktikum dilakukan dengan metode diskusi kelompok, diskusi kelas, simulasi, dan bermain peran. 5. TUGAS-TUGAS Tugas-tugas terstruktur untuk praktikum akan diberikan satu minggu sebelum pelaksanaan praktikum. Tugas-tugas tersebut antara lain mencari literatur berkaitan dengan topik kuliah. Tugas–tugas lainnya diberikan di kelas pada saat pelaksanaan praktikum. 6. KRITERIA PENILAIAN Nilai Akhir (NA) matakuliah ini merupakan nilai kumulatif dari nilai Ujian Tengah Semester (UTS), nilai praktikum, dan nilai Ujian Akhir Semester (UAS), dengan materi, metode, dan bobot sebagaimana tercantumdalam Tabel 1. Tabel 1. Dasar Penilaian MA Komunikasi Bisnis No. Sumber Nilai Persentase Materi 1. Ujian Tengah Semester 30% PB 1 sd. PB 7 2. Praktikum 30% Topik 1 sd. 12 3. Ujian Akhir Semester 30% PB 8 sd. PB 14 4. Ujian Praktek (Business Communication Day) 10% Presentasi Bisnis • Nilai Mutu A, B, C,D, dan E ditetapkan dengan selang nilai A  80, 70  B > 80, 60  C > 70, 50  D > 60, dan E < 50. • Kehadiran Kuliah minimal 80 persen. Bagi mahasiswa yang kehadiran kuliahnya kurang dari 80 persen tidak diperkenankan mengikuti Ujian Akhir Semester. • Kehadiran Praktikum harus 100 persen. Bagi mahasiswa yang tidak hadir dalam praktikum tidak memperoleh nilai praktikum di hari tidak hadir 7. JADWAL KULIAH Jadwal Kegiatan belajar Komunikasi Bisnis diuraikan dalam Tabel 2. Tabel 2. Topik Kuliah dan Praktikum MA Komunikasi Bisnis No. Tanggal Topik Kuliah Pengajar 1. 14.02.2011 Pendahuluan 1. Kontrak Perkuliahan 2. Pengertian Komunikasi Bisnis 3. Karakteristik komunikasi bisnis 4. Pengembangan kemampuan komunikasi bisnis Yatri I Kusumastuti 2. 21.02.2011 Komunikasi Bisnis dalam Praktek 1. Membangun Kewirausahaan 2. Siklus Hidup Perusahaan dan kaitannya dengan Pola Komunkasi Agus Sadelie 3. 28.02.2011 Komunikasi dalam Manajemen Organisasi 1. Organisasi sebagai suatu sistem 2. Fungsi komunikasi dalam manajemen 3. Bentuk-bentuk komunikasi bisnis Agus Sadelie 4. 07.03.2011 Komunikasi dengan Berbagai Stakeholders 1. Manfaat menjalin komunikasi dengan stakeholder internal 2. Kebutuhan Informasi pada beragam level pada struktur organisasi 3. Gaya-gaya komunikasi dalam organisasi 4. Kekuasaan dalam organisasi Agus Sadelie 5. 14.03.2011 Desain Pesan Komunikasi Bisnis 1. Pesan Persuasif 2. Aspek-aspek pesan Yatri I Kusumastuti 6. 21.03.2011 Korespondensi Bisnis 1. Penulisan pesan-pesan bisnis 2. Prinsip-prinsip penulisan surat dan memo 3. Membuat resume 4. Menulis lamaran pekerjaan Yatri I Kusumastuti 7. 28.03.2011 Penulisan Proposal dan Laporan Bisnis 1. Proposal 2. Desain visual 3. Kriteria laporan bisnis yang baik Agus Sadelie 04-16. 03.2011 UJIAN TENGAH SEMESTER 8. 18.04.2011 Lobi dan Negosiasi 1. Jenis-jenis lobi 2. Teknik Lobi 3. Teknik Negosiasi Agus Sadelie 9. 25.04.2011 Wawancara dan Diskusi 1. Pengertian dan tujuan wawancara 2. Tahap-tahap wawancara 3. Jenis-jenis wawancara 4. Persiapan wawancara Yatri I Kusumastuti 10. 02.05.2011 Public Speaking dalam Komunikasi Bisnis 1. Pengertian 2. Jenis-jenis public speaking 3. Persiapan Yatri I Kusumastuti 11. 09.05.2011 Mengelola Pertemuan dan Event 1. Kegunaan Meeting, Event 2. Perencanaan Meeting, Event 3. Pelaksanaan Meeting, Event 4. Efektifitas Hasil Meeting , Event Yatri I Kusumastuti 12. 16.05.2011 Public Relations 1. Pengertian Public Relations 2. Sejarah Public Relations 3. Peran dan tugas PR 4. Operasionalisasi PR 5. Permasalahan PR di negara berkembang Yatri I Kusumastuti 13. 23.05.2011 Komunikasi Pemasaran (I) 1. Pengertian Komunikasi Pemasaran 2. Sifat Dasar Komunikasi Pemasaran 3. Hierarchy of Effect 4. Bentuk-bentuk komunikasi pemasaran Yatri I Kusumastuti 14. 30.05.2011 Studium Generale Dosen Tamu : Praktisi Bisnis 6-25. 06.2011 UJIAN AKHIR SEMESTER 8. REFERENSI Alifahmi, Hifni. 2008. Marketing Communication Orchestra: Harmonisasi Iklan, Promosi dan Marketing Public Relations. Examedia Publising, Bandung. Curtis,Dan B, James J Floyd dan Jerry L. Winsor. 1999. Komunikasi Bisnis dan Profesional. PT Remaja Rosdakarya, Bandung. Cutlip, Scott. M, Allen H Center dan Glen M. Broom. 2000. Effective Public Relations. 8th edition. Prenctice Hall Inc. Upper Saddle River, New Jersey. Goldhaber, Gerald M. 1990. Organizational Communication. 5thEdition. Wm. C. Brown Publisher, Dubuque. Hardjana, Andre. 2000. Audit Komunikasi: Teori dan Praktek. PT. Gramedia , Jakarta. Himstreet, William C. 1984. Business Communications: Principles and Methods. Seventh Edition. Huseman, Richard and Dixie Stockmayer. 1988. Business Communication: Strategies and Skill. Holt, Rinehart and Winston of Canada, Ltd. Iriantara, Yosal. 2004. Community Relations. Simbiosa Rekatama Media, Bandung Jefkins, Frank dan Daniel Yadin. 2004. Public Relations. PT Gelora Aksara Partama, Jakarta. Juniarti, Elly dan Pramana. s006. General Public Speaking. Tantowi Yahaya Public Speaking School, Jakarta. Kasali, Rhenald. 1994. Manajemen Pulic Relations: Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. PT Pustaka Utama Grafiti. Kennedy, John E dan R. Dermawan Soemanegara. 2006. Marketing Communication : Taktik dan Strategi. Jakarta : Gramedia Locker, Kitty O., 1998. Business and Administrative Communication. Irwin Mc.Graw-Hill, International Edition. Rosenblatt, Bernard, T Richard Cheatam and James T Watt. 1982. Communication in Business. Prentice-Hall, Inc., Englewood Cliffs, New Jersey. Yatri Indah Kusumastuti. 2010. Komunikasi Bisnis. PT Penerbit IPB PRESS. Bogor

Komentar

Recommended Posts

randomposts

Postingan Populer