Termometer, kompres hangat, es krim dan paracetamol

😎😎😎😎😎😎😎😎😎😎😎

Dear Ibu Ibu  jaman now.. Kalau anak panas, plis siapkan termometer ditangan kanan.  Pantau naik turun panasnya, turunnya sampe di bilangan normal gak,  berapa lama panas  turun sampai kemudian naik lagi, perhatikan siklus demamnya,  apakah tiap 12 jam,  tiap 2 hari sekali,  cuma sore hari saja,  atau demam terus gak kenal waktu. Ini data yang kemungkinan akan ditanyakan kalau Ibu ketemu dokter. Lalu tangan kiri? boleh lah ditangan kiri Ibu pegang gadget trus bikin status  "CEPAT SEMBUH YA KESAYANGAN"  namanya juga Ibu ibu  jaman now.. 😆

Siapkan asupan cairan yang banyak, cairan apa saja yang anak suka.  Air putih air dingin air anget,  air kulkas, air dari buah buahan, susu,  sirup,  es teh,  atau malah es krim..  Selama demam,  terjadi penguapan yang berlebihan dari seluruh permukaan kulit yang bikin uap air banyak terbuang sehingga anak rawan dehidrasi atau kurang cairan. Kita lagi kejar kejaran cairan nih,  padahal kalau demam mulut ikutan pahit gak mau makan gak mau minum,  blom lagi kalau pake acara muntah,  ya salaam..  Coba aja tawarin es krim, tu anak langsung bangun duduk manis wajah sumringah..   Kenapa  es atau minuman dingin lainnya begitu diharamkan untuk anak sakit? Apa salah dan dosa mereka..  Wahai Ibu jaman now,  kenali  penyebab demam anak anda. Demam itu penyebab paling sering adalah infeksi.  Iya infeksi Bu, ini tentang MAHKLUK HIDUP KECIL  tak kasat mata yang  masuk melalui udara,  percikan bersin dan batuk dari anak tetangga,  makanan yang dimakan bersama kakaknya, dicium sama Om dan Tantenya yang ternyata bawa kuman. Bukan dari minuman dingin kemudian anak jadi panas.  Lain kasus ya kalau anaknya memang ALERGI barang dingin,  minum es dikit langsung pilek grok grok,  kena AC dikit langsung batuk ngik ngik  (biasanya yg ini pilek tanpa demam karena dasarnya alergi).
So, selama ibu yakin anak ibu gak alergian, es krim is allowed, dingin dingin manis nyess di lidah,  nyaman banget buat mulut yang lagi pahit.  kasih aja Bu..  Enyak.. Cukup kenyataan hidup kita aja yang pahit, lidah anak jangan..

Kompres hangat atau mandi sekalian. Pada jaman dahulu kala,  tersebutlah kisah  bahwa kompres itu harus  menggunakan air dingin,  bahkan konon kabarnya menggunakan es batu.. Giliran jaman now disuruh kompres air hangat,  pasti pada mau  nanya kan..  Gak tambah panas ya anaknya nanti?  Iya dijamin tambah panas Bu,  dahinya doang,  sama kayak kompres dingin,  yang dingin dahinya doang..  Coba pegang ketiak ama selangkangan..  Tetep panas kan..
Saya coba sederhanakan begini ya Bu,  di dalam tubuh ada ALAT UNTUK NGATUR SUHU TUBUH, tempatnya di otak bagian agak di belakang,  namanya HIPOTHALAMUS. Kalau ada infeksi atau kuman masuk, suhu di hipotalamus  di SETTING NAIK,  makanya anak demam.  Nah kita bikin  supaya setting suhunya KEMBALI NORMAL .  caranya? Di setiap permukaan kulit dan aliran darah yang menuju si hipotalamus adalah RESEPTOR atau pemberi sinyal dan INFORMASI mengenai suhu lingkungan. Kalau si hipotalamus ini menerima sinyal dan merasa merasa kok aliran darahnya panas ya,  dia menurunkan settingan suhunya,  jadi demamnya turun. Makanya Ibu dianjurkan untuk KOMPRES HANGAT di BAGIAN YANG  BANYAK PEMBULUH DARAH BESAR,  seperti  di leher,  ketiak,  selangkangan.  Si Hipotalamus ini canggih kok Bu,  dia bisa MENYESUAIKAN settingan suhu tubuh dengan lingkungan sekitar.  Ibu pernah keringetan atau menggigil kedinginan? Nah itu kerjaan dia Bu..
Mandiin sekalian dicemplungin ke bak air anget,  malah lebih joss..  Panas juga keluar lewat KONDUKSI ..  Jangan lama lama juga Bu..  Gak usah pakai acara mainan gelembung sabun segala kayak iklan di tivi. Sekarang mah udah gak jaman anak sakit gak mandi,  yang ada nanti  malah  habis sakit demam terbitlah penyakit kulit.  Hiiii... 😱

Obat penurun panas, ini opsi terakhir ya..  Terakhiiiiiirr banget kalau lihat anak udah gak nyaman.  Kalau demamnya hanya di kisaran 37 koma sekian dan anaknya masih koprol salto lari lari gak bisa diem,,  it's god.  Demam itu sejatinya adalah mekanisme tubuh untuk MEMBLOKADE infeksi yg masuk. Kuman penyebab  infeksi tadi gak bisa beranak pinak dalam keadaan panas,  trus leukosit atau sel darah putih akan bekerja lebih optimal matiin kuman dalam kondisi panas.   Hanya saja,... Demam biasanya disertai dengan  rasa mual,  sakit kepala,  nyeri otot dan persendian.  Anak mulai gak nyaman,  maunya kepala nempel bantal,  atau rewel minta digendong terus.  Nah obat penurunan  panas juga berfungsi sebagai pereda rasa nyeri.  Berikan sesuai dosis dan petunjuk ya Bu..
Jadi bisa dibilang demam itu sebenarnya juga menguntungkan. Kawal aja demamnya sampai lewat masa infeksinya,  waspadai terutama DEHIDRASI dan KEJANG DEMAM ,  kemudian pikirkan penyebab demam dan  jenis infeksinya.  Yang bagian ini mah biar dokternya yang mikir..

Ada yang masih suka beli obat sendiri ke apotik? Amoxiciline,  Ampicilline,  Penisillin untuk demam? Buruan tobat ya Bu..   Kuman penyebab infeksi banyak macemnya,  ada berbagai jenis virus,  bakteri,  jamur dan parasit,  masing masing beda obatnya. Antibiotik hanya untuk membunuh bakteri, kuman jenis lain mah gak mempan.  Kalo anak Ibu infeksinya virus trus minum antibiotik,  lhaa Ibu mo bunuh siapa? Cukup beli obat  penurunan panas, beli termometer sekalian ,  kalau uang kembalian masih banyak, beli buah buat anak,  sisanya mampir beli martabak atau coklat atau apa saja yang bisa bikin Ibu bahagia. Bapaknya bisa bantuin mijitin,  iya mijitin Ibunya ya Pak.  Merawat anak yang sakit rewel itu stress, panik, waswas,  begadang, lelah.  Hati hati istrinya berubah jadi Hayati karena kelelahan pak..

Salam sehat,
Iswaningsih,

Komentar

Recommended Posts

randomposts

Postingan Populer