Keajaiban Shodaqoh dan Istighfar


Ada sebuah konsep dasar yg menunjukan perbedaan islam dan kapitalis. Kapitalis mengikuti sistem kapitasm, menabung pangkal kaya. Konsep ini perlu diralat untuk umat islam, harusnya sodaqoh pangkal kaya. Jadikan pemikirian ini dalam bershodaqoh. Shodaqohkan yg terbaik yg kita miliki, jgn kebalik. Kapan kita berpikir, kita beliin yg sama yg kita beli utk dishodaqohkan?
 - Shodaqoh menghilangkan 70 pintu keburukan.
 Shodaqoh yg afdhol kita yg mencari fakir miskin untuk diberi shodaqoh.
 Tabi'in mahsyur menyebutkan, "Bakhil (pelit) itu adalah pohon di neraka dan ranting²nya ada di dunia. Maka barangsiapa yg memegang ranting2 itu, dia akan terjerumus ke neraka. Dermawan itu adalah pohon di syurga dan ranting²nya ada di dunia. Maka barangsiapa yg memegang ranting2 itu, dia akan masuk ke syurga."
 .
 Keutamaan-keutamaan Shodaqoh :
 1. Mensucikan jiwa
 Iri, dengki, hasad, emosional dan penyakit jiwa umum lainnya dapat disucikan dengan bershodaqoh.
 Allah ﷻ berfirman:
 .
خُذْ مِنْ اَمْوَالِهِمْ صَدَقَةً تُطَهِّرُهُمْ وَتُزَكِّيْهِمْ بِهَا وَصَلِّ عَلَيْهِمْ ۗ اِنَّ صَلٰوتَكَ سَكَنٌ لَّهُمْ ۗ وَاللّٰهُ سَمِيْعٌ عَلِيْمٌ
.
 "Ambillah zakat dari harta mereka guna membersihkan dan menyucikan mereka dan berdoalah untuk mereka. Sesungguhnya doamu itu (menumbuhkan) ketenteraman jiwa bagi mereka. Allah Maha Mendengar, Maha Mengetahui."
 (QS. At-Taubah : 103)

 2. Bentuk kepatuhan kepada Allah ﷻ
Pada dasarnya ibadah itu dilakukan secara sembunyi². Namun ada juga ibadah yg harus terang²an seperti menghadiri majelis ilmu. Jgn sampai takut melakukan ibadah karna takut riya. Justru takut ibadah karna takut riya itu termasuk riya.
 Allah ﷻ berfirman:
 .
مَنْ ذَا الَّذِيْ يُقْرِضُ اللّٰهَ قَرْضًا حَسَنًا فَيُضٰعِفَهٗ لَهٗۤ اَضْعَافًا کَثِيْرَةً ۗ وَاللّٰهُ يَقْبِضُ وَيَبْصُطُ ۖ وَ اِلَيْهِ تُرْجَعُوْنَ
.
 "Barang siapa meminjami Allah dengan pinjaman yang baik, maka Allah melipatgandakan ganti kepadanya dengan banyak. Allah menahan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nyalah kamu dikembalikan."
 (QS. Al-Baqarah : 245)
 .
قُلْ لِّـعِبَادِيَ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا يُقِيْمُوا الصَّلٰوةَ وَيُنْفِقُوْا مِمَّا رَزَقْنٰهُمْ سِرًّا وَّعَلَانِيَةً مِّنْ قَبْلِ اَنْ يَّأْتِيَ يَوْمٌ لَّا بَيْعٌ فِيْهِ وَلَا خِلٰلٌ
.
 "Katakanlah (Muhammad) kepada hamba-hamba-Ku yang telah beriman, Hendaklah mereka melaksanakan sholat, menginfakkan sebagian rezeki yang Kami berikan secara sembunyi atau terang-terangan sebelum datang hari, ketika tidak ada lagi jual beli dan persahabatan."
 (QS. Ibrahim : 31)
 .
وَاَنْفِقُوْا مِنْ مَّا رَزَقْنٰكُمْ مِّنْ قَبْلِ اَنْ يَّأْتِيَ اَحَدَكُمُ الْمَوْتُ فَيَقُوْلَ رَبِّ لَوْلَاۤ اَخَّرْتَنِيْۤ اِلٰۤى اَجَلٍ قَرِيْبٍ ۙ فَاَصَّدَّقَ وَاَكُنْ مِّنَ الصّٰلِحِيْنَ
.
 "Dan infakkanlah sebagian dari apa yang telah Kami berikan kepadamu sebelum kematian datang kepada salah seorang di antara kamu; lalu dia berkata (menyesali), Ya Tuhanku, sekiranya Engkau berkenan menunda (kematian)ku sedikit waktu lagi, maka aku dapat bersedekah dan aku akan termasuk orang-orang yang saleh."
 (QS. Al-Munafiqun :10)

 3. Seorang mukmin akan berada lautan shodaqohnya dihari kiamat
 Umar bin Khattab berkata, "Hisab diri kalian sebelum dihisab"
 Ada yg org tidak tenggelam oleh keringatnya sendiri di padang mahsyar, alias dinaungi, salah satunya dengan shodaqoh. Salah satu dari 7 golongan yg mendapat naungan Allah ﷻ ketika tdk ada lagi naungan.

 4. Menghindarkan dari musibah dan tidak akan meninggal dalam keadaan buruk
 Dari Anas bin Malik Radhiyallahu 'anhu, Nabi ﷺ bersabda, "Sesungguhnya shodaqoh itu akan meredamkan amarah Alloh ﷻ dan menghindarkan dari kematian yg buruk." (HR. Tirmidzi)

 5. Shodaqoh itu bukti nyata dari keimanan seseorang
 Dari Abu Malik Al Asy'ari bahwa Rasulullah ﷺ bersabda: "Bersuci adalah setengah iman dan Alhamdulillah memenuhi timbangan, subhaanallaah dan Allaahu akbar dan laa ilaaha illallaah wallaahu akbar memenuhi seisi langit dan bumi, alhamdulillaah dan allaahu akbar dan laa ilaaha illallaah memenuhi seisi langit dan bumi- shalat adalah cahaya, sedekah adalah bukti, sabar adalah cahaya, Al Qur'an adalah hujjah yang menentangmu atau membelamu dan semua orang pergi dipagi hari kemudian menjual dirinya, ia membebaskannya atau membinasakannya." (HR. Ahmad)

 6. Shodaqoh itu bisa jadi penebus dari siksa
 Shodaqoh itu seperti org yg ditawan dan akan dibunuh, maka org tsb menawarkan utk memberikan seluruh hartanya sebagai penebus hukuman.

 7. Semua shodaqoh yg dikeluarkan pasti diganti
 QS. Saba : 39
 Hadits Qudsi (HR. Muslim) dari Abu Hurairah Radhiyallahu 'anhu, Rasulullah ﷺ bersabda: "Wahai anak Adam berinfaqlah kamu niscaya Aku akan memberikan ganti kepadamu."

 8. Shodaqoh tidak terputus bahkan akan mengalir bagi org yg bershodaqoh
 Rasulullah ﷺ bersabda: "Apabila anak Adam meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, atau do’a anak yang sholeh”� (HR. Muslim)

 9. Shodaqoh bisa menghilangkan dan menghapuskan dosa
 "Shodaqoh itu akan menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api." (HR. Tirmidzi)

 10. Shodaqoh bisa menyembuhkan penyakit-penyakit
 Rasulullah ﷺ bersabda, "Bentengilah hartamu dengan zakat, obati orang orang sakit (dari kalanganmu) dengan bersedekah dan persiapkan do’a untuk menghadapi datangnya bencana." (HR. Ath Thobroni)
 Kalo ada saudara yg sakit kritis di rumah sakit, maka selain berdo'a suruh juga untuk bershodaqoh.
 .
 Wallahu a'lam

Komentar

Recommended Posts

randomposts

Postingan Populer