Konfigurasi Email (MUA) dan Lokasi Hotspot IPB Net
Layanan Baru Sistem Email IPB
Sistem email IPB kini tidak lagi memberikan layanan email secara clear/plain text demi menjaga keamanan data user, setiap email yang dikirimkan oleh user akan dienkripsi. Dengan layanan baru ini konfigurasi akses email melalui aplikasi mail desktop mengalami perubahan. Berikut layanan yang diberikan oleh sistem mail IPB saat ini:
Outgoing Server
Server: smtp.ipb.ac.id
Protokol: SMTP (SSL enabled)
Port: 465
Incoming Server
Server: pop.ipb.ac.id
Protokol: POP3 (SSL enabled)
Port: 995
Server: imap.ipb.ac.id
Protokol: imap (SSL enabled)
Port: 993
Langkah Setting Mail Client :
Create Account baru pada Mail Client anda contoh: Outlook Express, klik menu Tools | Account
Tuliskan nama yang ingin ditampilkan pada kotak Display Name | Next
Kemudian Tuliskan alamat email anda contoh: jul1a_indria@ipb.ac.id |Next
Pilih POP3 untuk email server, tuliskan pop.ipb.ac.id atau mail.ipb.ac.id pada kotak POP (incoming) dan smtp.ipb.ac.id atau mail.ipb.ac.id pada kotak SMTP (outgoing) | Next
Tuliskan username dan password anda pada menu Logon | Next (anda dapat mencentang kotak Remember Password atau pun tidak)
Next | FINISH
Selanjutnya blok account mail yang sudah dibuat dan Klik Properties
Pada menu tersebut klik ADVANCED
Pada kotak Server Port Number masukkan data berikut ini :
Outgoing mail SMTP : 465 (beri centang pada kotak SSL)
Incoming mail POP3 : 995 (beri centang pada kotak SSL)
Klik OK.
Untuk melihat langkah dalam gambar klik URL berikut ini :
http://www.ipb.ac.id/mail_client
Petunjuk Pengamanan Data Email
Berikut adalah beberapa ancaman terhadap email:
SPAM: Spam adalah email yang tidak diharapkan oleh penerima yang dikirim oleh spammer secara massal biasanya untuk tujuan komersial (penawaran produk, dll).
Malware/Malcode: Virus, Worm, Trojan.
PHISING: Phising adalah plesetan dari kata fishing yang berarti memancing. Tujuan phising adalah untuk mendapatkan informasi "sensitif atau rahasia" dari user, dengan cara memancing user agar memberikan data personal.
HOAX: pesan-pesan e-mail yang di rancang untuk mengelabui si penerima e-mail sehingga si penerima e-mail menyebarkan kembali pesan e-mail tersebut ke orang lain. Hoax berisikan informasi yang salah seakan-akan informasi tersebut benar dan dapat di percaya. Hoax dapat juga berisikan trojan horse dan virus. Virus-virus tersebut dapat menyebar di internet melalui pesan-pesan e-mail tersebut.
Nigerian Scam: Penipuan berkedok transfer kekayaan, warisan, undian, dsb.
Petunjuk keamanan email:
DKSI atau admin, tidak pernah meminta data account user (username dan password) melalui email, sehingga jangan pernah membalas email yang meminta data tersebut
Gunakan strong password, secara rutin melakukan update/perubahan password melalui halaman login Captive Portal IPB (Fasilitas ubah password hanya dapat digunakan dalam jaringan IPB)dan hindari penggunaan password yang mudah ditebak dan .
Tidak diperkenankan meminjamkan user access/user email kepada orang lain.
Jangan mempublish alamat email anda di internet secara lugas, gunakan format tertentu misalkan admin~at~ipb.ac.id, untuk menghindari scanning dari para spammer.
DKSI telah berusaha mengamankan data user melalui penggunaan secure protocol (https, smtps , pop3s, imaps) dan melindungi mailbox user dari serangan spam dan virus.
Alamat Domain Email Mahasiswa :
http://mail.student.ipb.ac.id
Lokasi HotSpot
No
Nama
Lokasi Pemasangan
Unit Kerja
1
Asrama Putra
Lobby (3 unit)
TPB
2
Asrama Putri
Lobby (3 unit)
TPB
3
Auditorium AHN
Ruang Operator (1 unit)
DKSI
4
Asrama Silvasari
Ruang Tamu (1 unit)
TPB
5
Asrama Putri Darmaga
Ruang Tamu (1 unit)
DKSI
6
Departemen Ilkom - BS
Lounge dan DPR (2 unit)
Departemen Ilkom
7
FMIPA
Depan Dept. Fisika (1 unit)
Departemen Fisika
8
Landhuis
Ruang Tamu (1 unit)
Agrianita IPB
9
Gymnasium
Teras Depan (1 unit)
UPT Olahraga & Seni
10
FAPERIKAN
Ruang Dekanat (1 unit)
FAPERIKAN
11
FAPET
Node Lantai 3 (1 unit)
FAPET
12
FKH
Lantai 2 (1 unit)
FKH
13
RSH
Lobby ( 1 unit)
RSH
14
LCC
Ruang Depan (1 unit)
DKSI
15
Perpustakaan Pusat
Ruang Depan (1 unit)
Perpustakaan
16
Kantin Zeamays
Ruang Makan (1 unit)
Dit. Bisnis dan Kemitraan
17
GWW
Balkon (1 unit)
DKSI
18
Mesjid Al-Huriyyah
Kantor Sekretariat (1 unit)
DKM
19
Asrama Internasional
Ruang Makan, lt. 2 (1 unit)
Dit. Bisnis dan Kemitraan
20
Asrama Silvalestari
Ruang Tamu (1 unit)
TPB
21
FATETA
BEM FATETA (1 unit)
FATETA
22
FAPERIKAN
Kantin Dolphin (1 unit)
FAPERIKAN
23
Dept. Gizi FEMA
Koridor Gizi (1 unit)
Departemen Gizi
24
FEM
Koridor FEM (1 unit)
FEM
25
Gd. Andi Hakim Nasoetion
Lt. 4 (1 unit)
DKSI
26
Pasca sarjana
Cyber Jagung (1 unit)
DKSI
27
DKSI
Ruang Staff (1 unit)
DKSI
28
Kantin Al Makjan
Ruang Panel (1 unit)
Dit. Bisnis dan Kemitraan
Konfigurasi Jaringan IPB dengan Captive Portal :
Setiap mahasiswa Institut Pertanian Bogor akan memiliki UserID IPB yang dapat digunakan sebagai identitas diri baik di lingkungan lokal (intranet) maupun lingkungan luar (internet). UserID ini tersimpan dalam server otentikasi yang terpusat sehingga saat login ke beberapa layanan/aplikasi IPB menggunakan UserID dan Password yang sama. UserID ini dapat dicari di halaman login (https://login1.ipb.ac.id atau https://login2.ipb.ac.id).
Beberapa layanan yang (saat ini) dapat diakses langsung oleh mahasiswa IPB menggunakan UserID IPB antara lain:
1.User Access Internet / Captive Portal (bagi yang berlangganan): https://login1.ipb.ac.id/ atau https://login2.ipb.ac.id/
2.Blog Mahasiswa IPB: http://student.ipb.ac.id/ => http://[userid].student.ipb.ac.id
3.Webmail Mahasiswa IPB: https://mail.student.ipb.ac.id/ => [userid]@student.ipb.ac.id
4.KRS Online IPB: https://krs.ipb.ac.id/
5.Agripedia IPB: http://agripedia.ipb.ac.id/
Untuk Blog, harus diaktivasi terlebih dahulu dengan cara login ke alamat berikut: https://student.ipb.ac.id/wp-login.php. Setelah itu, alamat blog-nya akan menjadi http://[userid].student.ipb.ac.id.
Password dapat diganti di halaman login (https://login1.ipb.ac.id/ atau https://login2.ipb.ac.id/). Saat mengganti password, maka seluruh aplikasi/layanan IPB otomatis akan menggunakan password yang baru. Oleh karena itu harap menjaga baik-baik password pribadi Anda. Disarankan agar menggunakan password dengan kombinasi huruf besar dan/atau huruf kecil, angka, dan karakter khusus. Demi keamanan data, mohon mengganti password Anda secara berkala.
Bagi yang belum memiliki UserID harap menghubungi DKSI dengan menyertakan identitas diri (KTM). Pembuatan UserID tidak dikenakan biaya.
Setting Browser Untuk Akses Internet di Jaringan IPB
Pastikan pada Option Tools Browser yang anda gunakan sebagai berikut :