Petunjuk Proyek Gerakan Finalis Nutrifood Leadership Award 2011
• Peserta diharapkan untuk masih mengikuti petunjuk media sosial yang telah diberikan pada tahap semifinal.
• Peserta harus membuat suatu proyek gerakan online di media sosial (boleh menggunakan media FB, Twitter, Blog, atau apa pun selama tergolong media sosial) DAN offline yang mendukung gerakan tersebut. Contoh: Anda membuat gerakan di media sosial mengenai penanaman pohon, maka Anda bisa mengadakan gerakan offline seperti menanam pohon bersama, membuka kelas edukasi tentang penanaman pohon, atau membuat seminar/pameran tentang penanaman pohon.
• Bidang yang disarankan untuk dijadikan proyek gerakan online & offline adalah bidang lingkungan, pendidikan, kesehatan, atau budaya (salah satu).
• Pastikan Anda memiliki tujuan besar dari gerakan Anda dan tujuan selama proyek satu bulan yang ingin Anda capai. Penilaian akan didasarkan pada proyek yang Anda lakukan selama satu bulan, jadi tidak masalah apakah gerakan yang Anda buat baru atau melanjutkan gerakan yang selama ini sudah Anda lakukan.
• Revisi waktu presentasi: Proyek gerakan akan dipresentasikan di final dalam format powerpoint dengan waktu presentasi maksimal 7 menit dan tanya jawab 3 menit.
• Poin-poin yang harus ada dalam presentasi:
o Judul & gambaran singkat gerakan
o Tujuan besar dan tujuan yang ingin dicapai dalam satu bulan (selama proyek) dari gerakan yang Anda buat
o Latar belakang singkat
o Liputan singkat proyek offline
o Rencana awal dan pelaksanaan gerakan
o Ukuran keberhasilan dan hasilnya
• Kriteria penilaian:
o Kepemimpinan Anda dalam gerakan
o Target yang Anda tetapkan sendiri
o Inovasi dan implikasi gerakan
o Optimalisasi penggunaan media sosial
o Interaksi dan engagement dengan audience
o Ada penambahan follower Twitter gerakan sebanyak minimal 100 terhitung sejak hari ini
• Guidelines proyek online:
o Gerakan dimulai dari saat Anda menerima e-mail ini sampai tanggal 12 November 2011. Silahkan untuk membuat akun gerakan di luar akun media sosial pribadi Anda, jangan menggunakan akun pribadi untuk melakukan gerakan tetapi diperbolehkan untuk mempromosikan gerakan melalui akun pribadi.
o Anda wajib membuat akun Twitter gerakan Anda karena Nutrifood akan lebih memfokuskan diri menggunakan Twitter untuk menyebarkan informasi. Untuk gerakannya sendiri boleh menggunakan di luar Twitter, namun disarankan untuk diintegrasikan dengan Twitter.
o Silahkan submit judul dan gambaran singkat gerakan yang akan Anda buat dalam 1 bulan ke depan paling lambat tanggal 14 Oktober 2011 ke nla2011@nutrifood.co.id dalam format MS Word. Tuliskan judul, akun Twitter, dan media sosial yang Anda gunakan di header sebelah kanan atas (jika hanya Twitter yang Anda gunakan, cukup menuliskan judul dan akun Twitternya saja).
o Gambaran singkat akan ditampilkan di web www.nutrifood.co.id, maka tulislah dalam gaya artikel dalam dua paragraf, dengan rincian:
paragraf pertama berisi latar belakang dan gambaran singkat mengenai gerakan Anda
paragraf kedua berisi rencana dan target yang akan dicapai (target besar dan target sebulan)
dua paragraf tersebut ditulis dalam maksimal 2000 karakter (termasuk spasi)
artikel dibuat dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris (artikel yang sama)
o Boleh menggunakan media FB, Twitter, Blog, atau apa pun selama tergolong media sosial
o Jika menggunakan Twitter, jangan lupa untuk membuat hashtag mengenai gerakan Anda dan juga mencantumkan hashtag #NutriLead
o Jika menggunakan Blog, pastikan Anda tidak copy-paste konten blog lain
o Tidak boleh melanggar hak cipta, kekayaan intelektual, dan hukum
o Tidak boleh ada konten dewasa dan hal-hal yang berbau SARA
o Beberapa alat bantu untuk mengukur perkembangan gerakan media sosial Anda:
Klout Score (www.klout.com): untuk mengukur true reach, amplification, dan network impact di media sosial
Tweetlevel (www.tweetlevel.edelman.com): untuk mengukur influence, popularity, engagement, dan trust suatu akun Twitter
Bloglevel (www.bloglevel.edelman.com): untuk mengukur influence, popularity, engagement, dan trust
Twitsprout (www.twitsprout.com): untuk memantau perkembangan follower Twitter
o Tim Nutrifood akan menyediakan diri jika teman-teman butuh berkonsultasi dalam menjalankan proyek ini. Nama-nama PIC yang bisa diajak berkonsultasi akan kami beritahu setelah semua gambaran singkat mengenai proyek telah di-submit (14 Oktober 2011). Untuk sementara, pertanyaan silahkan diajukan ke e-mail nla2011@nutrifood.co.id
• #NutriLead #kultwit:
o Setiap peserta akan mendapatkan jadwal kultwit yang di-retweet oleh @nutrifood. Akun @nutrifood akan mengawali dengan mention akun yang bersangkutan (misal: “Malam tweeps! Sebentar ini kita akan ada #NutriLead #kultwit nih dari @ariel_ch, @hermansbm, @tatrakuncara, @Mr_Sotomie, dan @arninta. Pantau terus TL kami ya :D”) kemudian pemateri pertama dipersilahkan untuk menyapa dan memberikan materi #NutriLead #kultwit mengenai gerakannya.
o Berikut adalah jadwalnya:
Tanggal Jam Pemateri kultwit
19 Oktober 18.30-19.00 @miketakuttikus
19 Oktober 19.00-19.30 @Ivantius
19 Oktober 19.30-20.00 @dionisiusaldo
19 Oktober 20.00-20.30 @andrebinarto
19 Oktober 20.30-21.00 @imanusman
20 Oktober 19.00-19.30 @gilangreffi
20 Oktober 19.30-20.00 @ikisaridewi
20 Oktober 20.00-20.30 @LutfhanHadhi
20 Oktober 20.30-21.00 @annatasyamarya
26 Oktober 19.00-19.30 @omalif
26 Oktober 19.30-20.00 @akmalito
26 Oktober 20.00-20.30 @cindyfiriera
26 Oktober 20.30-21.00 @MHartantoYusufa
27 Oktober 19.00-19.30 @janitralintang
27 Oktober 19.30-20.00 @ardikurniadim
27 Oktober 20.00-20.30 @blackstageburn
27 Oktober 20.30-21.00 @Andrew_ID
2 November 19.00-19.30 @lucky_bagus
2 November 19.30-20.00 @ribka_grace
2 November 20.00-20.30 @cesarbayu
2 November 20.30-21.00 @valencialala
3 November 19.00-19.30 @ditokrista
3 November 19.30-20.00 @arkafoodtech
3 November 20.00-20.30 @reza_alhadithia
3 November 20.30-21.00 @steffiradevie
o Hal-hal yang harus diperhatikan dalam kultwit adalah:
Isi kultwit adalah judul, brief gerakan yang dilakukan, latar belakang, dan harapan dengan melakukan gerakan tersebut
Ada hashtag gerakan & hashtag #NutriLead, tidak usah mention @nutrifood dalam setiap tweet
Waktu yang tersedia maksimal setengah jam per pemateri
Gunakan bahasa dan kata-kata yang bersahabat (jangan terlalu teknis supaya mudah dipahami)
• Guidelines proyek offline:
o Buatlah minimal satu kali gerakan offline yang boleh diadakan di rentang waktu untuk mengadakan proyek online.
o Kami akan memberikan subsidi sebesar Rp 1.000.000,00 untuk men-support gerakan offline Anda (mohon kirimkan rekening Anda ke e-mail nla2011@nutrifood.co.id, akan lebih mudah jika ada rekening BCA)
o Silahkan dokumentasikan gerakan offline Anda agar dapat dipresentasikan dalam presentasi gerakan di Final
o Silahkan untuk membuat satu artikel mengenai gerakan offline Anda dilengkapi dengan foto-foto untuk ditampilkan di web nutrifood.co.id. Submit artikel Anda ke nla2011@nutrifood.co.id (dalam format MS. Word). Tuliskan judul, akun Twitter, dan media sosial yang Anda gunakan di header sebelah kanan atas.
o Artikel akan ditampilkan di web www.nutrifood.co.id dengan rincian:
mencakup 5 W + 1 H liputan gerakan offline Anda
ditulis dalam maksimal 2000 karakter (termasuk spasi)
artikel dibuat dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris (artikel yang sama)
o Diperbolehkan untuk menjalin kerjasama dengan sponsor selama memenuhi ketentuan sebagai berikut:
atas nama gerakan dan pribadi, bukan atas nama Nutrifood
tidak boleh bekerjasama dengan sponsor yang bertentangan dengan gaya hidup sehat (rokok, junk food, dll)
tidak boleh bekerjasama dengan sponsor yang merupakan kompetitor Nutrifood
sejalan dengan pesan gerakan Anda
setiap akan bekerjasama dengan sponsor, silahkan Anda berkonsultasi dulu dengan pihak Nutrifood
• Babak final dan karantina untuk mempresentasikan proyek dan mengikuti kelas Leadership & Social Media pada tanggal 14-17 November 2011 di Jakarta dengan rangkaian acara sebagai berikut:
o Presentasi Proyek Gerakan: 14 November 2011 (pagi-siang)
o Kelas Media Sosial: 14 November 2011 (sore)
o Kelas Leadership: 15-17 November 2011
o Awarding & Press Conference: 17 November 2011 (sore)
Informasi Tambahan
• Detail keberangkatan dan kepulangan akan diatur tersendiri.
• Silahkan untuk mengirimkan file presentasi Anda ke nla2011@nutrifood.co.id paling lambat tanggal 13 November 2011. Pada hari-H, silahkan untuk membawa presentasi proyek Anda dalam format powerpoint di USB.
• Nutrifood akan menyediakan laptop untuk presentasi. Peserta diperkenankan untuk membawa laptop jika ingin menggunakan laptop sendiri dengan resiko ditanggung peserta.
• Hal-hal yang harus dibawa:
o Pakaian kasual yang sopan seperti polo-shirt, jeans, dan sepatu selama sesi training
o Pakaian awarding & konferensi pers untuk Pria: kemeja batik, jeans panjang, sepatu (siapkan satu set yang terbaik untuk awarding & konferensi pers)
o Pakaian awarding & konferensi pers untuk Wanita: dress batik one piece, sepatu (siapkan satu set yang terbaik untuk awarding & konferensi pers)
o Pakaian pribadi
o Sepatu olahraga
o Payung atau jas hujan
o Lampu senter
o 1 lembar pas foto 4x6 (hardcopy)
o 1 lembar fotokopi KTP
o Perlengkapan dan obat-obatan pribadi
• Kirimkan 1 buah pas foto digital 4x6 dan 1 foto gaya bebas digital, keduanya dengan latar belakang berwarna putih ke e-mail nla2011@nutrifood.co.id. Gunakan foto studio agar hasilnya bagus.
• Jika memerlukan surat keterangan ijin kuliah, Anda dapat mengirimkan informasi nomor induk mahasiswa, nama kelas, hari dan jam perkuliahan, nama dosen (dengan gelarnya lengkap), dan surat ditujukan kepada siapa paling lambat tanggal 9 November 2011.
• Panitia yang dapat dihubungi: Herman
o HP & Telp: 081804182066
o Whatsapp: 083807320640
o E-mail: herman@nutrifood.co.id