RPP

DESKRIPSI KEGIATAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas/ Semester : XI IA/Gasal
Tahun Pelajaran : 2008/ 2009
Waktu : 12 x 45 menit (6 Tatap Muka)
Standar Kompetensi : Menganalisis perjalanan bangsa Indonesia dari negara tradisional, kolonial, pergerakan kebangsaan hingga terbentuknya negara kebangsaan sampai proklamasi kemerdekaan Indonesia

Kompetensi Dasar Kegiatan Pembelajaran
Tatap Muka Tugas Terstruktur Tugas Mandiri
1.1 Menganalisis perkembangan negara tradisional (Hindia, Budha dan Islam) di Indonesia.












• Guru menjelaskan perkembangan negara tradisional (Hindu, Budha dan Islam). Siswa mengidentifikasi beberapa hipotesis tentang masuknya (Hindu, Budha dan Islam) di Indonesia.
• Siswa menjelaskan pengaruh masuknya (Hindu, Budha dan islam) dalam kehidupan pemerintah, ekonomin budaya siswa diminta mengidentifikasi pengaruh Hindu, Budha dan Islam dalam pemerintahan, ekonomi, budaya.
• Siswa menunjukkan kerajaan Hindu, siswa mengindentifikasi sebab-sebab tumbuh berkembangnya, serta runtuhnya kerajaan Hindu Budha, Islam
• Menganalisa hipotesis yang tepat tentang masuknya. (Hindia, Budha dan Islam) di Indonesia beserta alasannya melalui study pustaka, diskusi dan presentasi.










• Membuat laporan tentang peninggalan kerajaan Hindu, Bundha dan Islam yang masih ada sampai sekarang.












1.2 Membandingkan perkembangan masyarakat Indonesia dibawah penjajahan dari masa VOC , Hindia Belanda, Inggris dan Jepang.



• Guru menjelaskan kebijakan pemerintah kolonial di Indonesia paa abab 19 dan awal abab 20.
• Siswa membandingkan kebijakan pemerintah kolonial pada abab 19 dan awal 20.













1.3 Menganalisis kelahiran dan perkembangan nasionalisme Indonesia.











• Guru menjelaskan ideologi-ideologi yang berkembang pada masa pergerakan nasional di Indonesia.

• Siswa mengklarifikasikan ideologi yang berkembang di Indonesia pada masa pergerakan nasional.

• Siswa menganalisis beberapa peristiwa penting yang mengakibatkan muncumnya politik keras pemerintah kolonial terhadap pergerakan kebangsaan Indonesia.
• Diskusi dan presentasi tentang pengaruh ideologi yang berkembang di Indonesia pada masa pergerakan nasional terhadap strategi pergerakan nasional.


Mencari informasi melalui internet tentang perkembangan nasionalisme di Indonesia.












DESKRIPSI KEGIATAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas/ Semester : XI IA/Gasal
Tahun Pelajaran : 2008/ 2009
Waktu : 12 x 45 menit (6 Tatap Muka)
Standar Kompetensi : Merekonstruksi perjuangan bangsa Indonesia sejak masa proklamasi hingga lahirnya Orde Baru

Kompetensi Dasar Kegiatan Pembelajaran
Tatap Muka Tugas Terstruktur Tugas Mandiri
2.1. Merenkonstruksi perkembangan masyarakat Indonesia sejak proklamasi hingga demokrasi terpimpin.
• Guru menjelaskan secara singkat tentang proklamasi kemerdekaan.

• Siswa mengidentifikasi peristiwa-peristiwa penting sekitar proklamasi.

• Siswa mengidentifikasi pembentukan pemerintahan Indonesia.

• Guru menjelaskan tentang pembentukan tentara nasional.

• Siswa mengidentifikasi tentang kebijakan ekonomi pemerintah pada masa demokrasi leberal.

• Guru menjelaskan secara singkat tentang kedatangan sekutu di indonesia.

• Siswa mengidentifikasi perjuangan masing-masing daerah untuk mempertahankan kemerdekaan.
• Siswa menjelaskan tentang perjuangan diplomasi dan komnfrontasi dalam mempertahankan keutuhan negara RI.

• Guru menjelaskan secara singkat tentang pergolakan berbagai kekuatan politik.

• Siswa mengidentifikasi pergolakan politik di daerah akibat ketegangan berbagai kekuatan politik.
• Melakukan studi pustaka tentang organisasi pergerakan nasional pada masa pendudukan Jepang.

• Melakukan diskisi lekompok tentang dampak pendudukan Jepang dalam berbagai aspek kehidupan.












• Siswa mengidentifikasi tentang makna proklamasi kemerdekaan bagi bangsa Indonesia.
• Siswa melakukan studi pustaka untuk dapat mengidentifikasi proses pembentukan tentara nasional.

• Siswa melakukan studi pustaka dan membuat kesimpulan tentang perjuangan masing-masing daerah untuk mempertahankan kemerdekaan. • Mencari informasi di internet tentang sekitar proklamasi kemerdekaan.

2.2. Menganalisa pergantian pemerintahan dari demokrasi terpimpin sampai Orde Baru • Guru menjelaskan secara singkat pemerintah Indonesia pada masa demokrasi terpimpin

• Siswa menyimpulkan pemerintahan Indonesia pada masa demokrasi terpimpin

• Siswa mengidentifikasi pemicu gerakan G30 September 1965

• Siswa mendiskripsikan proses peralihan kekuasaan politik setelah peristiwa G30S PKI

• Siswa menganalisa dampak peran negara di segala bidang kehidupan masyarakat pada masa Orba

• Melakukan studi pustaka untuk dapat mengidentifikasi kebijakan ekonomi pada masa demokrasi terpimpin

• Membuat ringkasan teori-teori yang berkembang tentang G30S PKI

• Melakukan diskusi kelompok untuk mengidentifikasi ciri-ciri pokok kebijakan Orba • Membuat kesimpulan tentang pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan oleh pemerintahan saat demokrasi terpimpin

Komentar

Recommended Posts

randomposts

Postingan Populer