Industri Butuh Teknologi Berkelanjutan

Studi pengaruh atas dampak perubahan kondisi lingkungan terhadap mutu kehidupan sangat penting dilakukan. Hal itu karena pembangunan yang susah, sedang dan akan berlangsung tidak bisa dilepaskan dari perencanaan dan tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Pembangunan adalah kenyataan yang harus berorientasi pada konsep-konsep yang seharusnya.
Korelasi antara perubahan kondisi lingkungan dan mutu kehidupan selama ini dianggap mendesak dan utama karena penilaian tentang keberhasilan perubahan yang dihasilkan oleh pembangunan adalah berdasarkan pada peningkatan mutu kehidupan.
Pengaruh perubahan lingkungan terhadap mutu kehidupan secara positif adalah menawarkan lapangan kerja, penyediaan produk bagi masyarakat, meningkatkan pendapatan daerah.
Sedangkan sisi negatifnya adalah pencemaran lingkungan, eksploitasi sumber daya alam, eksploitasi manusia. Secara sederhana dampak pembangunan mendekati cita-cita pembangunan yakni peningkatan mutu kehidupan. Mutu kehidupan itu dalam perspektif ilmu kependudukan dicerminkan melalui istilah HDI. HDI adalah Human Development Index. Adapun peningkatan mutu kehidupan dalam perspektif ilmu lingkungan mencakup 3 hal yaitu pembangunan harus berintegrasi dengan berdimensi atau berwawasan lingkungan, pemenuhan terhadap prinsip-prinsip konstitusional, implementasi pembangunan berkelanjutan.
Dengan demikian akan didapat suatu hasil, yaitu dapat mewujudkan pemanfaatan ruang yang berdaya guna, mampu mendukung pengelolaan lingkungan hidup yang berkelanjutan, penghematan pemanfaatan ruang, menghindari penurunan kualitas ruang.

Komentar

Recommended Posts

randomposts

Postingan Populer