ANTHOZOA DAN SCYPOZOA

MATA KULIAH AVERTEBRATA AIR
Nama : Fair Rohmatu Sholeh
NRP : C24080008
Mayor : Managemen Sumberdaya Perairan

ANTHOZOA DAN SCYPOZOA

Kelas Anthozoa
Anthozoa berasal darikata Anthos = bunga, zoon = binatang. Anthozoa berarti hewan yang bentuknya seperti bunga atau hewan bunga.
Anthozoa dalam daur hidupnya hanya mempunyai polip. Bila dibandingkan, polip Anthozoa berbeda dengan polip pada Hydrozoa. Mari kita lihat perbedaannya dengan mengamati gambar di bawah ini.

Gambar 1. (a) struktur polip Hydrozoa, (b) struktur polip Anthozoa
Berdasarkan gambar di atas, coba Anda diskusikan apa persamaan dan perbedaan kedua macam polip tersebut, kelas Anthozoa meliputi Mawar Laut (Anemon Laut) dan Koral (Karang).
1.Mawar Laut (Anemon Laut)
Mawar laut menempel pada dasar perairan. Pada permukaan mulut Mawar Laut terdapat banyak tentakel berukuran pendek. Tentakel ini berfungsi untuk mencegah agar pasir dan kotoran lain tidak melekat sehingga Mawar Laut tetap bersih.
2.Koral (Karang)
Koral atau karang cara hidupnya berkoloni membentuk massa yang kaku dan kuat. Massa itu sebenarnya karang kapur yang dibentuk oleh generasi polip. Koral yang sudah mati, rangka kapurnya akan menjadi batu karang/terumbu. Ada tiga tipe batu karang, yaitu karang pantai, karang penghalang dan karang atol.

Kelas Scypozoa
Scyphozoa berasal dari kata Skyphos = cawan; zoon = binatang. Bentuk tubuh Scyphozoa menyerupai mangkuk atau cawan, sehingga sering disebut ubur-ubur mangkuk. Contoh hewan kelas ini adalah Aurellia aurita, berupa medusa berukuran garis tengah 7 – 10 mm, dengan pinggiran berlekuk-lekuk 8 buah. Hewan ini banyak terdapat di sepanjang pantai.
Ciri-ciri umum scypozoa antara lain : 1) mereka biasanya memiliki tentakel, (2) mereka simetri radial, (3) dinding tubuh terdiri dari epidermis luar dan batin gastrodermis, dipisahkan oleh sebuah lapisan seperti jelly-mesoglea , (4) mulut adalah satu-satunya untuk membuka sistem pencernaan, (5) nematocysts atau "menyengat kapsul", dibentuk oleh sel-sel khusus yang disebut nematocytes, hadir. Selain itu, mereka acraspedote, yaitu, mereka tidak memiliki velum (sebuah rak ke dalam memproyeksikan jaringan dari margin bel di hydromedusae dan cubomedusae).
Seperti Obelia, Aurellia juga mengalami pergiliran keturunan seksual dan aseksual. Aurellia memiliki alat kelamin yang terpisah pada individu jantan dan betina. Pembuahan ovum oleh sperma secara internal di dalam tubuh individu betina.
Hasil pembuahan adalah zigot yang akan berkembang menjadi larva bersilia disebut planula. Planula akan berenang dan menempel pada tempat yang sesuai. Setelah menempel, silia dilepaskan dan planula tumbuh menjadi polip muda disebut skifistoma. Skifistoma kemudian membentuk tunas-tunas lateral sehingga Aurellia tampak seperti tumpukan piring dan disebut strobilasi. Kuncup dewasa paling atas akan melepaskan diri dan menjadi medusa muda disebut Efira. Selanjutnya efira berkembang menjadi medusa dewasa. Daur hidup Aurellia dapat diamati di bawah ini.
Beberapa spesies scyphozoan jellyfishes terkenal karena sengatan mereka. Tiga dari yang tercantum di bawah ini (Chrysaora quinquecirrha, Pelagia noctiluca, dan cyanea capillata) yang berbisa bagi manusia, dan kehati-hatian itu dibenarkan dalam menangani setiap ubur-ubur.
Empat perintah saat ini diakui dalam Scyphozoa :
• Para Stauromedusae kecil, berbentuk piala, sessile scyphozoans yang mematuhi ganggang, batu, kerang, dan substrat keras lainnya, biasanya dengan gagang bunga. Siklus hidup mereka melibatkan pergantian antara polip-seperti orang dewasa dan larva planula benthic, tidak ada free-berenang tahap medusa hadir. Kebanyakan spesies mendiami air dingin.
• Para Coronatae ditandai dengan alur yang berbeda di sekitar payung medusa. Banyak yang sangat berpigmen coronates penghuni air yang dalam. Scyphistomae mereka menyerupai hydroids dan dilindungi oleh chitinous tabung. Coronates tampaknya tidak akan ditemui di sekitar langsung Woods Hole, meskipun spesies seperti Atolla wyvillei dan Periphylla periphylla terjadi baik bathyal lepas pantai di kedalaman. The three most conspicuous scyphozoans of the Woods Hole area ( Aurelia aurita , Chrysaora quinquecirrha , Cyanea capillata ) are assigned to the Semaeostomeae . Tiga paling mencolok scyphozoans of the Woods Hole daerah (Aurelia aurita, Chrysaora quinquecirrha, cyanea capillata) yang ditetapkan ke
• para Semaeostomeae. Diantaranya Tiga paling mencolok scyphozoans of the Woods Hole daerah (Aurelia aurita, Chrysaora quinquecirrha, cyanea capillata). Spesies ini memiliki tentakel sepanjang atau di bawah payung margin, panjang lengan berenda lisan tergantung turun dari mulut. Sebuah mahkota groove di exumbrella, seperti dalam Coronatae, adalah kurang.
• Para marjinal Rhizostomeae tidak memiliki tentakel, dan lengan lisan mereka menyatu dan menanggung banyak bukaan mulut kecil. Dua rhizostome air beriklim spesies (Rhopilema verrillii, Stomolophus meleagris) telah dilaporkan jauh di utara sebagai Long Island Sound di sebelah barat Atlantik Utara namun tidak Woods Hole daerah. Banyak teks masih menggabungkan kotak jeli dan kerabat mereka (Cubomedusae) sebagai sebuah perintah dalam Scyphozoa. Namun, sebagian besar spesialis sekarang di Cnidaria mengenali Cubozoa sebagai kelas yang berbeda (Cubozoa) karena siklus hidup mereka yang unik, morfologi, dan nematocyst melengkapi.


Gambar 2. Daur hidup Aurellia aurita

DAFTAR PUSTAKA
• http://www.mbl.edu/BiologicalBulletin/KEYS/INVERTS/3/Dscyphozoakeys.htm
• http://www.e-dukasi.net/

Komentar

Unknown mengatakan…
info menarik by pintuiklan.com

Recommended Posts

randomposts

Postingan Populer