DASAR-DASAR BISNIS Pesona Tanaman Anggrek Indonesia yang Menjanjikan dalam Berbisnis

PRAKTIKUM MK. DASAR-DASAR BISNIS
Pesona Tanaman Anggrek Indonesia yang Menjanjikan dalam Berbisnis



Oleh :
Anggota Kelompok :

Nilai

Dosen Praktikum : Feryanto W. K, SP, M. Si
Hari/ Tanggal : Rabu, 22 September 2010
Praktikum : 3/ 4
Ruang : RK. 16 FAC 401 D



PENDAHULUAN
Latar Belakang
Negara Indonesia memiliki limpahan plasma nutfah yang perlu kita berdayakan, salah satunya adalah tanaman Anggrek. Tanaman anggrek Indonesia memiliki berbagai macam jenis yang sangat memesona hingga dinobatkan sebagai Puspa Pesona Indonesia. Meski harganya terkenal mahal namun penggemarnya selalu ada. Pecinta anggrek Indonesia biasanya berasal dari kalangan menengah keatas dan dari dalam sampai luar negeri. Jumlah peminat anggrek cukup banyak, hal tersebut menunjukkan bahwa tanaman anggrek memiliki nilai jual dan pasar yang menjanjikan. Namun keterbatasan informasi, dan kurangnya keterampilan melemahkan segi sistem agribisnisnya. Sehingga para petani masih kurang berminat dengan bisnis tanaman anggrek. Dalam makalah ini akan diulas potensi dan peluang yang terdapat dalam tanaman anggrek Indonesia di bidang agribisnis. Oleh karena itu judul dari makalah ini adalah “Pesona Tanaman Anggrek Indonesia yang Menjanjikan dalam Berbisnis”.

Tujuan Penulisan
Tujuan dari penulisan makalah ini adalah:
1. Menjelaskan secara singkat proses pembudidayaan tanaman anggrek Indonesia dan potensi yang dimiliki
2. Menjelaskan permintaan pasar akan tanaman anggrek Indonesia
3. Menjelaskan peluang bisnis dari tanaman anggrek Indonesia
4. Menjelaskan cara pemasaran tanaman anggrek Indonesia sebagai peluang bisnis yang menjanjikan.

Manfaat Penulisan
Manfaat dari penulisan makalah ini adalah:
1. Mengetahui secara singkat proses pembudidayaan tanaman anggrek Indonesia dan potensi yang dimiliki
2. Mengetahui permintaan pasar akan tanaman anggrek Indonesia
3. Mengetahui peluang bisnis yang dimiliki tanaman anggrek Indonesia
4. Mengetahui cara pemasaran tanaman anggrek Indonesia sehingga berpeluang bisnis yang menjanjikan.

PEMBAHASAN

Proses Pembudidayaan Bunga Anggrek dan Potensi yang Dimiliki
Pembudidayaan bunga anggrek Indonesia memang tidak mudah, namun dengan keadaan alam dan iklim Indonesia di beberapa daerah yang mendukung maka tanaman anggrek dapat dibudidayakan dengan baik di beberapa daerah di Indonesia. Dalam proses pembudidayaan tanaman anggrek faktor-faktor penting yang mendukung antara lain, penyiapan sarana dan prasarana produksi, proses produksi, panen dan pasca panen, serta pemasaran. Tanaman anggrek Indonesia memiliki jenis yang beragam. Bentuk mahkota bunganya unik- unik, warnanya cantik beragam, dan beberapa mengeluarkan aroma yang harum. Potensi yang dimiliki bunga anggrek cukup banyak antara lain, dinikmati pesona keindahannya sebagai tanaman hias, dimanfaatkan sebagai bahan baku ramuan kecantikan, dimanfaatkan aromanya sebagai parfum, dll.

Permintaan Pasar akan Bunga Anggrek
Permintaan pasar cenderung tertuju pada tanama anggrek yang sudah kuncup atau yang telah mekar. Selain itu ketebalan mahkota bunga, warna mahkota yang menarik dan bentuk mahkota yang unik merupakan faktor penting yang mempengaruhi besar permintaan pasar. Pasar tanaman anggrek Indonesia telah mencakup area lokal bahkan dunia internasional. Minat para pecinta anggrek pun cenderung stabil sehingga harga jual tanaman anggrek pun relative stabil. Kisaran harga jual tanaman anggrek pot dengan spesies biasa pada usia empat s/d lima bulan yang belum berbunga antara Rp 13000,00 untuk distributor dan Rp 15000,00 untuk pembeli langsung. Permintaan pasar luar negeri cukup antusias, terkadang para petani kualahan untuk memenuhi pesanan.

Peluang Bisnis yang Dimiliki Bunga Anggrek
Berbekal potensi yang luar biasa serta permintaan pasar yang relative stabil seharusnya kita mampu mengelolanya menjadi suatu komoditi Indonesia yang mampu bersaing di pasar lokal maupun internasional. Kita pun dapat menciptakan lapangan kerja dengan membuka daerah- daerah yang dijuluki istana anggrek. Dengan memberdayakan daerah yang memiliki potensi alam yang mendukung pembudidayaan anggrek. Selain itu peluang bisnis dapat dilihat dari kalangan peminatnya. Pada umumnya peminat tanaman anggrek merupakan kalangan menengah di seluruh dunia ke atas sehingga menimbulkan suatu nilai dimana mereka bersaing untuk memiliki tanaman anggrek yang berkualitas tinggi serta beragam. Peluang inilah yang harus dimanfaatkan untuk meningkatkan prospek bisnis tanaman anggrek Indonesia.


Proses Pemasaran Bunga Anggrek
Masyarakat pada umumnya lebih suka membeli tanaman anggrek yang sudah berbunga, hal ini di karenakan mereka lebih menyukai sesuatu yang instan dan memang tidak mudah merawat tanaman anggarek hingga berbunga. Tapi untuk kalangan pecinta anggrek, mereka lebih suka membeli tanaman anggrek yang belum berbunga, karena mereka ingin merawatnya sendiri hingga berbunga. Hal itu memberi kepuasan tersendiri bagi mereka. Proses pemasaran tanaman anggrek yang selama ini ada bermula dari petani induk yang mendatangkan bibit dari luar negeri ( Taiwan ) kemudian disalurkan ke petani kecil untuk dirawat secara intensif selama tiga sampai empat bulan kemudian dijual kembali ke petani induk. Petani induk kemudian berperan malakukan perawatan selanjutnya sampai tanaman anggrek tersebut siap jual. Biasanya tanaman anggrek yang siap jual sudah ada yang memesan yaitu para tengkulak dan para konsumen. Para tengkulak memperoleh harga yang lebih murah dari para konsumen yang langsung membeli di petani induk.



PENUTUP

Simpulan
Dari pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwa bunga anggrek berpotensi menjadi penghasil devisa negara yang cukup tinggi. Dengan potensi tersebut seharusnya kita sadar dan dapat memberikan perhatian lebih untuk komoditas tanaman anggrek agar dapat menciptakan peluang bisnis dan membuka lapangan kerja. Untuk meningkatkan minat para petani agar bergelut di bidang tersebut maka kita tidak boleh hanya terfokus pada pertanian pangan tapi juga memberi perhatian untuk pertanian non pangan. Sedangkan dari segi pemasaran perluasan jaringan dan sistemnya perlu lebih diperbaiki.

Saran
1. Sistem pemasaran anggrek harus lebih kreatif dengan memanfaatkan teknologi yang berkembang.
2. Perlu dibentuk daerah wisata anggrek untuk menciptakan lapangan kerja dan ladang bisnis.
3. Bagi para kaum cendekiawan Indonesia haruslah mampu menciptakan dan menyediakan bibit unggul setara dengan produksi luar.
4. Mengikutsertakan tanaman anggrek Indonesia di ajang pameran lokal maupun intenasional untuk mempromosikannya.

DAFTAR PUSTAKA

Dimyati Ahmad. 2009. Membawa Bisnis Tanaman Hias Indonesia ke Tingkat Dunia. Sinar Tani hal 5. Edisi 24. [30 Juni 2009]

Kartika Utami. 2001. Merangkai Bisnis Phalaenopsis. Trubus hal 11-13. Edisi 379. [Juni 2001]

Tim Kreatif Direktorat Budidaya Tanaman Hias. 2009. Standar Operasional Prosedur Anggrek Dendrobium. Direktorat Budidaya Tanaman Hias, Bogor:
LAMPIRAN

Komentar

Recommended Posts

randomposts

Postingan Populer