Gladikarya ?! Gimana nih?? (Catatan Seorang AGBerz yang kebetulan pernah Gladikarya)

Pasti kalian kepikiran, ngapain sih ini ada kakak kelas yang kerajinan banget nulis tentang beginian. Kalo iya, jangan berhenti baca ya, seperti kata pepatah ‘jangan lihat siapa yang berbicara, tetapi apa yang dibicarakannya’ OK. Sip.



Awalnya gak kepikiran juga mau nulis tentang ini, tapi ternyata banyak juga adik kelas yang nanya-nanya pengalaman GK kita (baca: 44). Trus, yang paling penting cuma pengen temen-temen bisa optimalkan waktu 2 bulan (1.5 bulan?) itu dengan sebaik mungkin dan ga seperti anak 44 yang pas beres banyak yang bilang “aah,, 2 bulan kurang banget! Blm ngapa-ngapain..”



Kalo kalian baca buku tentang rekayasa sosial, perubahan masyarakat, atau panduan LM3-nya Deptan serta panduan koperasinya Depkop, memang waktu 2 bulan itu memang seharusnya belum apa-apa. Masih tahap internalisasi dan pengenalan, katanya. Tapi ga kebayang juga kan kalo GK kalian itu setahun? Ato 2 tahun? Bisa kecantol kembang desa tuh ^^ so? Ya jangan buat program yang macem-macem. Macem-macem itu maksudnya : jangka panjang tapi ga bisa kepegang sama otoritas di desa selepas kita, susah, butuh pertemuan yang intens (jangan bayangin yang namanya kumpulin petani itu mudah, musti BENER2 tepat waktu dan tempatnya. Pengalaman aye menunjukkan bahwa kita pernah memecahkan rekor dunia dalam hal seminar tersedikit yang dateng, cuma ada 5 orang mahasiswa bingung, 1 orang pembicara dan 2 orang petani, itupun yang satunya dijemput dulu, hehehe..) atau program yang ga ngena ke masyarakat.



Buat program jangka panjang boleh, tapi memang harus ada ancang-ancang DETAIL selepas qta untuk dilanjutkan oleh otoritas desa atau BPP. Kalo waktu kelompok aye, pas lokakarya 2 itu kita buat perjanjian dengan kepala BPP nya (Pak Asep Kardiman) supaya tetep melanjutkan program. Kenapa kata detail diatas digedein? Karena jangan dibayangin yang namanya PPL desa itu lulusan luar negeri ato minimal S2 IPB. Kebanyakan dari mereka adalah D3 atau S1 penyuluhan pertanian. Jujur aja, kelompok aye kurang detil, makanya jadi pelajaran tuh. Tapi memang lebih baik itu programnya yang jangka pendek aja tetapi memang ngena ke masyarakat. Contoh : ngajarin pembuatan pupuk kompos (kayanya 2 bulan cukup tuh kalo mulai dari awal) atau ngajarin pembuatan label dan kemasan sendiri.



Trus jangan susah-susah. Susah itu bisa jadi memang programnya susah, kordinasinya susah, atau peralatannya susah. Untuk yang terakhir, ada pengalaman di desa aye yang ikut pameran tapi beli bahan2nya dimana coba tebak? Yupz.. Botani Square. Kalo di desa itu, sepertinya menemukan tukang fotokopi aja udah sujud syukur banget tuh. So, dari awal kalo memang butuh peralatan dan perlengkapan yang kira-kira ga ada di desa, disiapin dari sekarang sebelum brangkat. Syukur-syukur kalo dapet desa yang udah deket dgn kota.



Trus satu hal yang penting, ketika kita masuk ke desa maka kita menjadi bagian dari desa itu. So, kalo bisa ibadah itu di lingkungan sekitar (pengalaman aye kalo shalat sering berjamaah aja di kontrakan dan akhirnya jadi kuper), ikut-ikut kegiatan sosial lainnya (qta pernah jadi ‘panitia’ yang sedikit bantuin acara Maulid Nabi di desa dan pameran kecamatan lho hehe..) dan kalo ada pengajian ibu-ibu ikut aja tuh. Bisa jadi, justru promosi program kita di waktu-waktu itu karena bapak-bapak dan ibu-ibu disana ya petani itu sendiri. Ngajarin ngaji anak-anak atau bagi-bagi susu juga boleh, beberapa kelompok GK 44 ada yang ngejalanin ini. Intinya, masuk sedalam-dalamnya ke masyarakat (ini bisa membantu mempercepat proses pengenalan dan internalisasi lho.. jadi kalian masih punya banyak sisa waktu efektif untuk ngejalanin program)







Nah, ketika kalian pengenalan dan internalisasi dengan desa, jangan lupa juga pengenalan dan internalisasi dengan kelompok. Yang namanya bersama selama 2 bulan, apalagi intens, bagi aye udah cukup untuk tahu beberapa sifat asli, kebiasaan, kebaikan dan keburukan teman kita lho. Makanya sedini mungkin kalian tuh musti kompak. Kalo perlu ada sesi curhat khusus selama GK untuk tahu semuanya. Kalo kelompok aye dulu pernah curhat-curhatan sampe nangis-nangisan lho, keluar tuh semua: curhatan, ingus, belek, dan iler hehe.. tapi serius, setelah itu kita jadi kompak banget, makin erat, ga ada yang ngomongin di belakang lagi dan mendukung penuh teman kelompoknya. Suer deh.. satu lagi, seru juga tuh kalo kalian buat hal-hal yang seru selama GK misalnya nama kelompok yang aneh (perkenalkan nama kelompok aye adalah : Bacincetrang hehe..), rencana jalan2 bareng, rencana makan bareng (kalo qta hampir tiap hari karena ada ibu2 yang nyamar jadi mahasiswa AGB 44 yang doyan masak trus enak-enak trus banyak tapi yang suruh ngabisin tuh qta berempat, katanya dia lagi diet hiks..hiks..), lebih seru lagi kalo memang ada bakat alami di kelompok kalian yang bisa masuk OVJ tahun 2020.



Ini bagian yang penting, masalah attitude atau perilaku. Semua agama pasti ngajarin yang namanya berperilaku baik. Kita mulai dari yang sederhana, kalo di agama islam, di dalam Al Quran ada ayat yang seperti ini artinya :

“Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) masjid, makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan. (Al A’raaf 31)

Kalo yang namanya ke masjid, pasti konteksnya adalah keluar rumah. Makanya secara luas ayat ini ditafsirkan bahwa kita harus rapi kemanapun kita pergi. Saya yakin di agama lain juga terdapat contoh-contoh berperilaku baik seperti ini.



Ketika kita di dalam rumah, kita bebas. Tetapi ketika keluar rumah, patut diingat bahwa teman-teman bukan hanya membawa diri sendiri. Di belakang teman-teman terdapat atribut-atribut yang dilihat oleh orang lain. Kalo dia orang agama, suku atau golongan tertentu, maka orang akan melihat dan berkata “oh, jadi orang …. kaya begitu. Atau organisasi tertentu, anak BEM atau anak HIPMA misalnya, “oh, jadi anak HIPMA kaya begini” kebayang ga? Meskipun saat keluar itu hanya ingin membeli makanan atau keperluan lain. Bisa kebayang kan, kalo kita keluar berantakan banget abis bangun tidur n kepalanya miring sebelah gara-gara belek sama iler yang sebelah kiri lupa diseka, trus alesannya ‘kan cuma mau beli sarapan’ hehehe.. tetep aja orang lain nilainya, ini orang islam misalnya, ini mahasiswa AGB IPB misalnya, emang ga diajarin ya. Apalagi di desa nanti, teman-teman akan dilihat sebagai seorang MAHASISWA dan IPB serta DEPARTEMEN AGRIBISNIS. Satu hal yang perlu diingat, manusia itu lebih cenderung mengingat keburukan seseorang dan melupakan kebaikan seseorang. Kalo ga percaya, coba baca Good to Great-nya Jim Collins atau 8th Habits-nya Covey.



Kalo dalam agama islam, yang namanya perilaku atau akhlaq itu justru menjadi cerminan dari agama yang bersangkutan. Banyak orang yang masuk islam pada zaman Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya hanya karena keagungan akhlak beliau bukan karena ajaran islamnya. Contohnya orang yang masuk islam saat dijenguk Nabi Muhammad SAW atau orang yang masuk islam hanya karena diberikan unta terbaik oleh Ustman bin Affan yang seorang pedagang. So, yang namanya atribut-atribut kita itu menjadi cerminan diri kita dan embodied dalam diri kita.



Terakhir, jangan pernah buat janji dengan para petani. Untuk yang satu ini, aye dkk pernah banget ngalamin yang namanya dimarahin sama Bu Ratna Winandi. Ngerti sih yang namanya mahasiswa itu idealismenya masih mentok-mentoknya diatas, apalagi anak AGB yang tau banget gimana kesusahan petani. Tapi, kita juga musti sadar bahwa persentase kita dapet teori di departemen yang kita sayangi ini masih jauh lebih besar ketimbang persentase kita bergerak di lapang. Artinya, kita semua masih do nothing untuk para petani dan nanti kalian pasti bakalan sadar bahwa semua teori yang kalian dapet itu ga semuanya sesuai dengan prakteknya. Lapangan itu jauh-jauh lebih kompleks dari yang kita bayangkan. Serius. Lebih-lebih lagi kalo kalian dah pada ngerasain yang namanya penelitian untuk skripsi. Super mumet, bahkan ada anak 44 yang pengen gantung diri (hehe.. yang ini becanda). So, pas di desa, jangan bilang ‘iya, pak nanti kita bantu untuk memajukan pertanian di desa ini’ atau ‘kita siap kesini lagi pak selepas GK untuk ngejalanin program ini sampai sukses’ preeeet. Cukup lakuin apa-apa yang menurut kalian penting dan ngena ke masyarakat desa, kalo perlu sampe mereka kebayang-bayang sampe ga bisa tidur karena banyak nyamuk. Indikatornya gampang, gimana antusias mereka pas Lokakarya 2 kalian (terakhir), banyak yang dateng ga (jujur aja aye terharu banget pas loka 2 yang dateng itu banyak banget sampe kursi kurang trus dosen, perangkat desa serta orang-orang penting dateng semua, pada nanya, antusias, pokoknya ga ngebayang aja setelah mecahin rekor dunia seminar tersedikit yang dateng itu dan beberapa program lain. Rasanya lega banget dan juga bangga dengan kerja keras kita selama 2 bulan itu) atau mereka pada nangis ga pas melepas kepulangan kalian, atau mungkin di akhir ada yang minta anaknya dinikahin sama salah satu dari kalian hehehe..



Kalau memang idealisme itu masih ada, maka jangan berjanji kepada para petani itu, tetapi berjanjilah pada diri sendiri bahwa suatu saat kami akan kembali ke desa ini dengan tersenyum karena sudah berhasil membangun agribisnis di negara ini dengan baik dan menyejahterakan para petani itu.



Yupz..segini aja. Terima kasih banget dah baca. Semoga bermanfaat. Sukses semua yo GK-nya.



AGB.. Groooooowingg the future … 3x

Komentar

Recommended Posts

randomposts

Postingan Populer