TEMA ORANGE FEM 2011 : Advanced share vision of FEM IPB and Agricultural Economic Toward Globalization Era

SHARED VISION FEM

Shared Vision adalah visi bersama FEM yang telah disepakati pada sidang umum I DPM FEM IPB 07/08. Visi bersama ini merupakan koridor yang mengarahkan arah gerak kelembagaan FEM. Visi bersama ini berisi nilai-nilai yang seharusnya dimiliki oleh semua orang yang melibatkan dirinya pada satu atau lebih pilihan. Karena setiap mahasiswa FEM nantinya harus membuat pilihan di kehidupan FEM. Apakah mereka memilih menjadi aktivis organisasi, study oriented atau apapun pilihan itu. Yang penting untuk digaris bawahi adalah apapun pilihan itu, semuanya menuntut pada semua nilai-nilai shared vision di atas. Semua nilai-nilai di atas adalah nilai-nilai universal yang pengimplementasiannya tidak dibatasi ruang dan waktu.

Visi bersama akan mengarahkan baik organisasi maupun individu di FEM bergerak berdasarkan core competence dan service excellent. Core competence mengarahkan baik organisasi maupun mahasiswa FEM untuk senantiasa fokus dalam proses pencapaian tujuan. Sedangkan service excellent mengarahkan untuk mengimplementasikan jiwa pengabdian dan memberikan yang terbaik kepada orang lain, tidak hanya mementingkan kepentingan diri sendiri dalam setiap aktivitas. Jika kedua nilai ini telah dimiliki oleh mahasiswa FEM, maka mereka akan mentransformasi diri mereka secara tidak langsung disetiap detiknya untuk senantiasa menjadi lebih baik dan lebih baik.

Kemudian dalam pencapaian tujuan tersebut dibutuhkan improvement (pembinaan) dan empowerment (pemberdayaan). Pembinaan dibutuhkan untuk mempersiapkan mahasiswa FEM menjadi leader-leader yang kuat, bijak dan competence . Sehingga mereka tidak menjadi lemah dalam setiap tantangan dan permasalahan yang mereka hadapi. Sedangkan pemberdayaan dibutuhkan agar mereka dapat mengoptimalkan seluruh potensi terbaik mereka dalam setiap aktivitas untuk membuat segala sesuatunya menjadi lebih baik.

Kemudian tujuan yang ingin dicapai adalah mahasiswa FEM memiliki capital yang mereka butuhkan dalam kompetisi dunia pasca kampus. Capital tersebut terdiri dari; Intelectual Capital, Social Capital dan Spiritual Capital.

Browser Anda mungkin tidak bisa menampilkan gambar ini.

o Intelectual Capital



1. Knowledgable Adalah karakter mahasiswa FEM yang seharusnya berpengetahuan dan kompeten di bidangnya.

2. Skillfull A/ Di samping berpengetahuan dan kompeten, mahasiswa FEM juga seharusnya memiliki keahlian.

3. Profesional A/ Profesional bukan sebatas jargon, identitas atau formalitas diri dan organisasi semata.

Tetapi lebih dari itu, profesional adalah sebuah karakter. Berbicara tentang karakter, adalah sebuah integrity system.

Nilai ini mengajarkan mahasiswa FEM untuk senantiasa professional tidak peduli apapun peran yang mereka pilih.

o Social Capital



1.Communication Adalah kemampuan untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain.

2. Linkage Adalah kemampuan membangun jaringan (link).

3. Team Work Adalah kemampuan untuk bekerja sama dengan orang lain dalam team,

tidak egois menjadi the best one, tetapi the best team.

4. Solidity A/ Setelah kemampuan bekerja di dalam tim






o Spiritual Capital



1.Sense of Belonging : Adalah perasaan memiliki yang membuat mahasiswa FEM bangga tanpa berlebihan atas segala potensi yang mereka miliki

2. Sense of Responsibility: Adalah perasaan bertanggungjawab atas segala pilihan yang dibuat.

3. Sense of Changing : Adalah perasaan dan keinginan yang kuat untuk berubah dan merubah segala sesuatu yang tidak semestinya menjadi lebih baik.

4. Sense of Giving : Adalah perasaan dan keinginan untuk memberi terusm - menerus tanpa mengharap imbalan atau berharap pada apapun.

5. Sense of Learning : Adalah perasaan dan keinginan untuk terus belajar. Karena belajar adalah sebuah proses tanpa titik akhir, maka setiap proses yang dilalui dalam aktivitas mahasiswa FEM adalah proses belajar untuk senantiasa menjadi lebih baik.

6.Trushworthy : Adalah perasaan bahwa setiap amanah yang diemban oleh mahasiswa FEM harus dipertanggungjawabkan. Sehingga dalam pelaksanaannya, mereka harus konsisten dan konsekuen dengan setiap amanah mereka.

7. Honesty: Adalah perasaan dan prinsip untuk senantiasa jujur dalam setiap aktivitas.

Browser Anda mungkin tidak bisa menampilkan gambar ini.















AK 1 :

Ekonomi Moneter Keuangan dan Perbankan (MKP)

Ak 2 :

Ekonomi Industri Perdagangan dan Pembangunan (MPP)

AK 3 :

Ekonomi Regional Publik dan Kelembagaan (RPK)

Ak 4 :

Ekonomi Syariah

Ak 5 :

Keuangan dan Akuntansi

Ak 6 :

Perdagangan dan Pemasaran

Ak 7 :

Produksi dan Operasi

Ak 8 :

Sumberdaya Manusia dan Organisasi

Ak 9 :

Bisnis dan Kewirausahaan

Ak 10 :

Kebijakan Agribisnis

Ak 11 :

Ekonomi Pertanian

Ak 12 :

Ekonomi Sumberdaya

Ak 13 :

Ekonomi Lingkungan

Ak 14 : Besok yaaaaBrowser Anda mungkin tidak bisa menampilkan gambar ini. Browser Anda mungkin tidak bisa menampilkan gambar ini.

Komentar

Recommended Posts

randomposts

Postingan Populer